Hindari Pergaulan Bebas, Kasat Pol PP Dompu Imbau Orang Tua Perketat Pengawasan Terhadap Anak

Kategori Berita

.

Hindari Pergaulan Bebas, Kasat Pol PP Dompu Imbau Orang Tua Perketat Pengawasan Terhadap Anak

Selasa, 30 Juni 2020
Kasat Pol PP Dompu H. Moh Syaiun SH, M.Si. (foto/Rul)

Dompu, Topikbidom.com -  Peranan masing masing orang tua untuk tetap mengawasi anak anaknya saat berada di luar rumah perlu ditingkatkan. Tujuannya, agar para anak tidak terjerumus dalam pergaulan bebas.

Hal ini disampaikan Kasat Pol PP Dompu, H. Moh Syaiun SH, M.Si, kepada wartawan, Senin (29/6/2020). Ia mengungkapkan, dirinya merasa prihatin dengan kondisi pergaulan bebas anak anak di wilayah Kabupaten Dompu.

Terutama, pada malam hari. Para anak anak ini selain terlihat mengendarai kendaraan roda dua (motor) secara ugal ugalan di jalan raya, juga memodifikasi motor dengan memakai knalpot racing.

"Ini sama saja mengundang kecelakaan lalulintas alias membahayakan keselamatan diri dan orang lain,' ungkapnya.

Diakui Kasat, selain itu dirinya juga kerap menjumpai anak anak yang berkumpul sambil meneguk minuman keras (miras). "Ini juga tentu menimbulkan keributan hingga berujung tawuran. Apalagi dalam pengaruh miras," katanya.

Parahnya lagi lanjut Kasat, pada saat melakukan patroli keliling Dompu dirinya bersama anggotanya juga pernah menjumpai pasangan remaja (sepasang kekasih) memanfaatkan tempat yang sepi dan gelap untuk berpacaran hingga tengah malam.

"Saat itu, kami juga pernah menegur dan menyuruh untuk kembali ke rumah mereka masih masing," bebernya.

Menurut Kasat, kondisi ini meski disikapi secara serius oleh para orang tua untuk lebih mengawasi anak anaknya ketika berada di luar rumah. Maka itu, dirinya menghimbau para orang tua untuk lebih memperhatikan anak anaknya. "Sebelum hal hal yang tidak diinginkan terjadi, maka kita para orang tua mesti tegas," tuturnya.

Ditambahkan Kasat, apalagi saat ini Kabupaten Dompu masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Jadi sebagai orang tua, harus memberikan arahan dan wawasan kepada para anak anaknya untuk mematuhi protokol pencegahan Covid-19.

"Mari kita berikan pemahaman kepada anak anak kita untuk tidak keluar rumah, memakai masker, rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan menjaga jarak dengan orang lain. Ini demi keselamatan bersama guna mengantisipasi penyebaran Covid-19," ajaknya. (Rul)