Pembentukan Kampung Sehat, Polres Dompu Gelar Rakor

Kategori Berita

.

Pembentukan Kampung Sehat, Polres Dompu Gelar Rakor

Senin, 15 Juni 2020

(foto/ist)

Dompu, Topikbidom.com - Polres Dompu, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Kodim 1614/Dompu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Dikes) dan lainnya. Rakor ini digelar dalam rangka pembentukan Kampung Sehat di Kabupaten Dompu.

Rakor yang berlangsung di aula Polres Dompu ini, dipimpin Kapolres Dompu
AKBP Syarif Hidayat SH, S.IK. Hadir juga
Dandim 1614 Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.Kom, Wakapolres Dompu Kompol I Nyoman Adi Kurniawan SH, Kepala BPBD Dompu Jufri ST MM, PLT Kepala Dikes Dompu Maman M.Kes, Kasat Pol PP, Para Kabag, Kasat/Kasi dan Para Kapolsek Jajaran Polres Dompu.

(foto/ist)

Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH, S.IK, melalui penyampaiannya mengatakan, dalam rangka pembentukan Kampung Sehat perlu adanya sosialisasi salah satunya membuat Poster/Spanduk dan Penerangan Keliling.

Selain itu, juga membuat Peraturan Desa (Perdes) tentang Protokol kesehatan pada saat Pandemi Corona salah satu contohnya pelaksanaan resepsi pernikahan, takjiah kematian dan lainnya.

"Perlu juga membuat portal Posko Pengendalian Covid 19. Adanya data masyarakat PDP, PDP. Menyiapkan Ruang isolasi penanganan Pasien di Desa dan Pendidikan Non Formal dgn memanfaatkan guru-guru yg ada di Desa," paparnya.

Dandim 1614 Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.Kom, dalam penyampaiannya juga mengatakan,
 kegiatan kampung sehat ini merupakan program dari pemerintah daerah menuju Dompu yang sehat guna terhindar dari covid-19.

Menurutnya, dengan adanya pembentukan kampung sehat di setiap Desa/Kelurahan di Kabupaten Dompu akan memberikan kebiasaan hidup sehat bagi masyarakat dan sejalan dengan program dari pemerintah daerah yakni New Normal.

"Dengan adanya jadwal pembehentian aktivitas sekolah banyaknya halaman-halaman sekolah tidak terawat kebersihanya," ungkap Dandim 1614/Dompu.

Kepala BPBD Dompu Jufri ST MM mengatakan, sebenarnya apa yang menjadi program kampung sehat sebenarnya sudah dilaksanakan oleh pihaknya. Menyiapkan penyemprotan disetiap Desa/Kelurahan serta alat pendeteksi suhu tubuh dan hansanitizer.

Kemudian, menghimbau kepada setiap sekolah untuk memathui protokol kesehatan dalam  kegiatan belajar menagajar.

"Segera menentukan tim kerja untuk memberikan penilaian dalam seleksi kampung sehat. Para Kapolsek diharapkan untuk mendeskripsikan keadaan dilapangan dalam hal penanganan Covid-19," jelasnya.

Sementara itu, PLT Kepala Dikes Dompu Maman M.Kes melalui penyampaiannya juga mengaku, sudah mempersiapkan ceklis para pasien - pasien covid-19 termasuk data data perjalanan pasien yang keluar kota. 

"Menyiapkan Posyandu di setiap desa  desa dengan menerapkan protap kesehatan covid-19," terangnya.(Rul)