Kapolres Dompu Pimpin Sosialisasi Lomba Kampung Sehat

Kategori Berita

.

Kapolres Dompu Pimpin Sosialisasi Lomba Kampung Sehat

Selasa, 14 Juli 2020
Kegiatan sosialisasi lomba kampung sehat.(foto/ist)

Dompu, Topikbidom.com - Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH, S.IK, Selasa (14/7/2020) memimpin kegiatan sosialisasi lomba Kampung Sehat Tahun 2020. Kegiatan yang berlangsung di aula kantor Camat Woja Kabupaten Dompu juga dihadiri  para Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas yang ada di kecamatan Kabupaten Dompu yakni Hu'u, Pajo, Dompu dan Kecamatan Woja.

Hadir juga Kabag Ops Kompol Nusra Nugrahan SH, Kepala Inspektorat Kab. Dompu H. MUHIBUDIN, Kepala DP-MPD Dompu KHAIRUDDIN SH, Kasat Binmas IPTU ZAILANI, Danramil Kota 1614 KAPTEN Inf. MUH. YAMIN, Kapolsek Dompu IPDA I KADE SWADAYA ATMAJA, S. Sos, Kapolsek Pajo IPTU RUSDI SH, Kapolsek Huu IPDA ZULHARIS, Kapolsek Woja IPDA ABDUL HARIS, Camat Woja SUHERMAN S. Pt, Camat Pajo, Camat Hu'u, Camat Kota dan Kepala PKM Dompu Barat MUJAKIR  S. KM serta undangan lainnya.

"Kami mewakili Polda NTB sedang gencar-gencarnya mensukseskan program kampung sehat. Sebagaimana kita ketahui program ini merupakan program yang dicanangkan oleh Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal MH, SIK. program ini dijadikan sebagai sebuah langkah penting dalam menambah wawasan masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan dalam memutus mata rantai penularan covid-19," jelas Paur Humas Polres Dompu Aiptu Hujaifah, mengutip penyampaian Kapolres Dompu.



Aiptu Hujaifah menyebut, untuk mengsukseskan program kampung sehat Polda NTB mengadakan lomba kampung sehat yang akan diikuti oleh seluruh desa di Kabupaten Dompu.

Sebagai bentuk persiapan dari perlombaan tersebut, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH. S.I.K memimpin sosialisasi lomba kampung sehat pada hari ini.  Kampung sehat merupakan program kerja yang digagas oleh Kapolda NTB dengan tujuan misi sosial yakni meningkatkan partisipasi masyarakat melawan pandemi Covid-19.

"Item ini nantinya akan dikemas dalam bentuk Lomba agar warga sadar bukan hanya menciptakan lingkungan bersih namun juga menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan standar kesehatan daerah masing-masing," paparnya.

Lanjut Aiptu Hujaifah, mengingat selama ini daerah telah terserang wabah Covid-19, Kapolres Dompu mengharapkan agar kiranya semua dapat berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang sehat, sehingga program ini bisa terwujud dengan tujuan Dompu bebas Covid-19.

"Tujuannya agar penularan Covid-19 menurun dan kami sadar bahwa program ini tidak akan berhasil tanpa partisipasi langsung oleh masyarakat," katanya.

Ditambahkan Aiptu Hujaifah, adapun kriteria yang menjadi  penilaian dalam lomba kampung sehat yakni ada 4 bidang sebagai peninjauan oleh tim penilaian Kampung Sehat yakni Bidang Kelembagaan, Kesehatan, Sosial Ekonomi dan Bidang Keamanan. 

"Kami harap camat dan kades/Lurah untuk mempersiapkan diri dan menyampaikan hal ini kepada masyarakat," terangnya.

Dalam momentum ini sambung Aiptu Hujaifah, Kapolres juga mengimbau seluruh Camat dan Kepala Desa terkait dengan tahapan Pemilukada apa yang menjadi aturan yang telah diatur dalam UU Pemilu terkait dengan NETRALITAS ASN agar untuk tetap dijaga.

"Kami juga mengimbau kepada simpatisan dan pendukung setia Bakal Calon untuk tetap menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif serta lebih bijak menggunakan media sosial karena setiap pelanggar UU termasuk UU ITE juga dapat dihukum sesuai dengan perbuatannya," harapnya. (Rul)