Danrem 162/WB Pimpin Upacara Pengibaran Sang Merah Putih di Ponpes Assalam Desa Katua Dompu

Kategori Berita

.

Danrem 162/WB Pimpin Upacara Pengibaran Sang Merah Putih di Ponpes Assalam Desa Katua Dompu

Minggu, 16 Agustus 2020
Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos. SH. M.Han, saat menjadi Irup upacara pengibaran bendera Merah Putih di Ponpes Assalam Desa Katua Kecamatan Dompu. 


Dompu, Topikbidom.com - Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos. SH. M.Han, Senin (17/8/2020) sekitar pukul 08.45 wita, secara langsung menjadi Inspektur upacara (Irup) memperingati HUT Republik Indonesia yang ke-75 Tahun 2020 di Pondok Pesantren (Ponpes) Assalam Desa Katua Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.

Pada kesempatan ini, juga bertindak sebagai Komandan Upacara yakni Kapten Inf. Ibrahim (Pasi Intel Kodim 1614/Dompu) dan Perwira Upacara Letda Inf. Hamzah (Pjs Pasi pers Kodim 1614/Dompu).

Selain Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos. SH. M.Han, juga hadir Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.Kom, Wakapolres Dompu  Kompol I. Nyoman kuniawan SH, Kasi Intelrem 162/WB Letkol Inf. Setya Asmara, Pjs Kasdim 1614/Dompu Kapten Inf. Ketut Sugra, Pimpinan Rumah Al-Qur'an Husnul khatimah Dompu Ustadz M. Taqiuidin S.Pdi, Pimpinan Yayasan Ponpes Usman Bin Affan Ustadz H. Syamsudin, Pimpinan Pondok As salam Ustad Mujahidul Haq Spdi, Ustadz Zulfikifli Spd, Ketua Pondok Usman bin Affan Ustad Zainuddin Spdi, Prewira staf dan Danramil jajaran Kodim 1614/Dompu, Dantim Intelrem 162/WB Lettu Chb H. Wahyu Amri, Ustad Jufri Spd (kepala sekolah As Salam), Ustadz Iksan, Ustadz Herman, Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXVIII Kodim 1614/Dompu, tokoh agama, masyarakat, pemuda dan
perwakilan Santri serta santriwati.

Sementara itu, untuk pasukan uoacaranya yakni 1 SSK Personil Kodim 1614/Dompu,  SSK Personil Polres Dompu, SSK Personil Brimob Subden A. Dompu, SSK Gabungan Tokoh agama, masyarakat dan Tokoh adat serta 4 SSK Santri dan Santriwati.






Pantauan wartawan, terlihat
Pukul 09.30 wita Danrem 162/WB bersama rombongan tiba di Ponpes Assalam Desa Katua Kecamatan Dompu, kegiatan upacara dimulai Komandan upacara memasuki lapangan upacara dan pasukan di siapkan.

Kemudian, komandan upacara mamasuki lapangan upacara pasukan disiapkan, Inspektur upacara memasuki lapangan upacara pasukan disiapkan,
penghormatan kepada Inspektur upacara, laporan Komandan upacara kepada Inspektur upacara.

Pembacaan Naskah proklamasi, mengheningkan cipta dipimpin oleh inspektur upacara, pembacaan do'a oleh Ustadz H. Syamsudin S.Pd,
pengibaran bendera Merah Putih dipimpin oleh komandan upacara,
laporan komandan upacara kepada Inspektur upacara, penghormatan pasukan, Inspektur upacara meninggalkan lapangan upacara. Memasuki pukul  09.50 wita upacara pun selesai.

Usai Upacara, Acara Silaturahmi Warnai HUT RI Ke-75

Usai menggelar upacara pengibaran sang merah putih, pun dilanjutkan dengan acara silaturahmi di Ponpes Assalam Desa setempat.

Pada kesempatan ini pun, pimpinan Ponpes Assalam, Ustadz Mujahidul Haq S.Pdi, menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar besarnya kepada Danrem 162/WB yang telah menyempatkan hadir dalam rangka upacara bendera memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ini.

Ia juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pasi Intel Kodim/Dompu yang telah banyak membantu Ponpes ini. Seperti melakukan pembersihan dan lainnya.

"Kami adalah pihak yang sangat terbuka dalam setiap melaksanakan kegiatan, siapa pun yang ingin bergabung silakan bergabung, jangan hanya mendengar isu yang tidak pasti dari orang yang tidak bertanggung jawab yang mengatakan hal buruk tentang kami," katanya.

Lebih jauh Ustadz Mujahidul Haq S.Pdi, berharap mulai dari sekarang tidak ada lagi para pihak yang mengintimidasi para ulama.

"Untuk diketahui bahwa para ulama di setiap melaksanakan ceramah atau dakwah itu murni untuk mengajak para kaum muda agar menjalankan segala perintah Allah SWT," ungkapnya.

Danrem 162/WB

Sementara itu, Danrem 162 Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani S.sos SH MH. M.Han, pada sambutanya menyampaikan terimakasih kepada semua unsur.

Ia mengaku, merasa sangat bahagia dan spesial, dimana Upacara bendera dalam Rangka memperingati HUT RI ini di hadiri oleh semua unsur seperti para Ulama, Ustadz dan para Santri dan santriwati.

"Perlu di ketahui bahwa TNI itu berasal dari para Kiyai dan ulama, dimana Panglima terbesar kita Panglima jenderal Sudirman berasal dari Kiyai," ujar Danrem 162/WB.

Danrem 162/WB menceritakan,
 dulu pada saat perang barisan paling depan adalah para Kiyai dan para Ulama, maka dari itu jika ada anggota TNI dan Polri tidak taat dan sujud kepada Kiyai maka anggota tersebut akan kualat.

Ia pun menegaskan, dengan adanya kegiata upacara bendera untuk memperingati HUT RI yang Ke - 75 tahun 2020 tersebut agar publik  baik di Nasional maupun internasional bahwa di Dompu Bima tidak ada lagi teroris dan Radikalisme.

Maka itu lanjut Danrem 162/WB, mari membangkitkan nasionalisme dan para pemuda serta pemudi agar bisa menjadi orang yang dapat diperhitungan dalam Hal positif.

"Saya ucapkan terima kasih banyak kepada semua unsur yang menyempatkan waktu untuk hadir mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI yang Ke-75 tahun 2020," ucapnya.

Disela waktu, Ketua Pompes Usman Bin Affan Desa O'o Kecamatan Dompu, Ustadz Jainuddin S.Pdi, mengungkapkan
Negeri ini di bangun dengan dara para ulama. Sebab itu, dirinya
berharap kepada semua unsur jangan ada lagi berpikir Hal hal negatif.

Ia juga berharap, kepada para pihak terkait jangan ada lagi pikiran Negatif terhadap para ulama dan jangan berpikir bahwa Ponpes yang dipimpin oleh ulama adalah Ponpes Teroris. "Kami selaku pimpinan Ponpes sangat terbuka kepada siapapun yang penting menjalani silaturahmi dan komunikasi yang baik," jelas  Ustadz Jainuddin S.Pdi.

Usai penyampaian ini pun, dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang mata lomba Hafiz Al-Qur'an, Adzan dan ceramah agama yang terdiri dari Lomba Adzan (M. Alfarizi, Khotab dan Sidik Abdillah), Tafiz tingkat SD/MI (Lalu Habiburrahman, Saiful Azizah dan Musyawirul yardan), Tafiz tingkat SMP/MTS (Izatul Islam, Mawafatihul Fawaz dan Lalu M. Azaka Sarif), Ceramah tingkat SMA/MA (M Fauzan, Izuddin dan M. Nurdin).

Kemudian dilanjutkan, dengan
penyerahan piagam kepada pondok pesantren antara lain Ponpes Utsman bin Affan diwakili oleh Ustad zainuddin Spdi (Pimpinan Pondok), Ponpes Assalam diwakili oleh ustadz Mujahidin Spdi (Pimpinan Pondok), Rumah Al-Qur'an Khusnul khotimah diwakili oleh ustadz taqiyuddin Spdi (Pimpinan) Sekoah alam Qur'an dan TK IT harapan Islam. (Rul)