Pameran Bonsai diLapangan Beringin Pemda Dompu Ramai Dikunjungi Pengunjung

Kategori Berita

.

Pameran Bonsai diLapangan Beringin Pemda Dompu Ramai Dikunjungi Pengunjung

Senin, 17 Agustus 2020
Pameran Bonsai di Lapangan Beringin kantor Bupati Dompu. 

Dompu, Topikbidom.com - Pasca resmi dibuka secara langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Dompu Hj. Eri Aryani H. Bambang, Senin (17/8/2020), pameran Bonsai di lapangan beringin kantor Bupati Dompu, mulai dipadati para pengunjung.

Pameran yang mulai berlangsung mulai tanggal 17 Agustus 2020 sampai 23 Agustus 2020 ini, digelar dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-75.

Ketua Panitia Pameran Bonsai Dompu, Drh. Khairul Akbar M.Si, mengatakan, kegiatan pameran bonsai ini sengaja dilaksanakan untuk memeriahkan HUT RI.

"Alhamdulillah, setelah resmi dibuka oleh Ketua TP-PKK didampingi Bupati Dompu dan ibu TP-PKK, lokasi pameran ramai dikunjungi pengunjung," ujar Drh. Khairul Akbar, saat diwawancarai di lokasi pameran Bonsai, Senin (17/8/2020) malam.

Drh. Khairul Akbar menyebut, kegiatan ini dihajatkan oleh pihaknya karena di Kabupaten Dompu terdapat kurang lebih 200 orang anggota Bonsai.

"Kita ini ada dibawah komunitas  Dompu Bonsai Comunty yang diketuai langsung oleh H. Abdul Muis SH, M.Si," jelasnya.

Menurut Drh. Khairul Akbar, tanaman Bonsai ini telah eksis sampai ditingkat Nasional. Itulah alasan, kenapa Bongsai ini dimunculkan dalam kegiatan pameran Bonsai.

"Hasil karya tangan mereka di rumah masing masing dalam merawat Bongsai ini kita tampilkan," katanya.







Bagiamana respon pemerintah?

Kata Drh. Khairul Akbar, responnya sangat baik terutama Bupati Dompu. Bahkan kegiatan ini, juga disupport oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Dompu khususnya Kepala Dinasnya sebagai pendukung utama dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dompu.

Diakuinya, pihaknya juga akan melakukan demonstrasi, kebetulan di Kabupaten Dompu memiliki 3 orang tranider Bonsai alias orang yang paham tentang Bonsai.

"Kita juga punya bursa bekerjasama dengan teman teman yang jual bonsai dan tanamam hias," tuturnya.

Ditambahkan Drh. Khairul Akbar, dilokasi pameran ini, Dinas Pertanian dan Perkebunan juga memiliki stand. Saat ini, belum ada kontes tapi hanya pameran saja.

"Tujuannya untuk memperlihatkan ini loh Bonsai kita di Dompu yang memiliki sejuta potensi. Pada saatnya nanti, kedepan pemerintah daerah bisa mengalokasikan anggaran untuk kontens dan pameran," paparnya.

Bagaimana dukungan dan support pihak luar?

Sambung Drh. Khairul Akbar, pameran ini juga didukung oleh sejumlah BUMN antaralain Pegadian, BRI, Bank NTB, BNI, KNPI, Ruka Wanga dan lainnya. "Alhamdulillah, dukungan para pihak terhadap kegiatan pameran ini sangat luar biasa," tandasnya.

Drh. Khairul Akbar, kembali menegaskan ada banyak manfaat dengan adanya kegiatan pameran ini. Selain meningkatkan aktifitas para pelaku usaha, juga memotivasi para pihak untuk melestarikan lingkungan lewat tanaman Bonsai.

"Kisaran harga Bonsai ini sangat fantastis. Bahkan harganya mencapai puluhan juta bahkan lebih," katanya. (Rul)