Bupati Dompu Bersama Kapolres dan Dandim, Shalat Idul Adha di Lapangan Beringin

Kategori Berita

.

Bupati Dompu Bersama Kapolres dan Dandim, Shalat Idul Adha di Lapangan Beringin

Sabtu, 01 Agustus 2020
Bupati Dompu, Kapolres Dompu dan Dandim 1614/Dompu, shalat idul adha di lapangan beringin kantor Pemda Dompu. (foto/ist)

Dompu, Topikbidom.com - Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin bersama Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH, S.IK dan Dandim 1614/Dompu Letkol Info. Ali Cahyono S.Kom, Jumat (31/7/2020) melakukan shalat idul adha 11441 H di lapangan beringin kantor Pemda Dompu. Bupati Dompu bersama dua unsur pimpinan Mapolres Dompu dan Makodim 1614/Dompu ini, terlihat berada di barisan yang sama saat shalat idul adha tersebut.

Shalat Idul Adha di Lapangan Beringin kantor Pemda Dompu. (foto/ist)

Selain mereka, juga terlihat unsur Forkopimda Dompu lainnya, para pejabat eselon dan staf Pemda Dompu, para Kadis, Camat, Kades/Lurah, Tokoh agama, masyarakat dan tokoh adat serta para jamaah lainnya juga ikut dalam shalat idul adha di lokasi setempat.

Pada shalat idul adha kali ini, bertindak Khattib yakni Drs. Moh. Nasuhi M.Si dan Imam yakni H. Usman H. Abful Hamid SE.

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin melalui penyampaian dalam shalat idul adha tersebut mengatakan, pihaknya menyampaikan rasa terimakasih kepada masyarakat yang dengan ikhlasnya telah menyumbangkan hewan qurban.

Ia menyebut, Tahun ini hari raya Idul Idul Adha berdekatan dengan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74.

"Semoga pengorbanan para pahlawan kita terdahulu dalam meraih kemerdekaan kita doakan mendapatkan tempat yang baik di sisi Allah SWT," ucap Bupati Dompu.

Kata Bupati, pelaksanaan Idul Adha saat ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena Kabupaten Dompu sedang dilanda Covid-19.

Dalam situasi ini, pun  pelaksanaan Ibadah haji di batasi untuk menghindari paparan virus corona termasuk jemaah haji Indonesia yang batal berangkat, tentu jemaah haji sangat terpukul dengan keadaan ini. "Semoga kita selalu di berikan kesabran dan tawakkal kepada allah SWT," katanya.

Bupati menjelaskan, pada hakikatnya berkurban itu mempunyai arti penting yaitu mengorbankan sifat-sifat iri, dengki, sombong dan membuangnya  jauh-jauh.

"Setiap daging yang dikorbankan tidak akan menghapus dosa-dosa tersebut melainkan ketakwaan kita kepada allah SWT," ungkapnya.

Ditambahkan Bupati, pada kesempatan ini pun dirinya mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Dompu untuk selaku mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Dompu ini.

"Tetaplah rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun, memakai masker, menjaga jarak dan menerapkan pola hidup sehat," terangnya.

Sementara itu Khattib, Drs. Moh. Nasuhi, M.Si, melalui khotbahnya menyampaikan, gara gara Covid-19, saat ini membatalkan jamaah haji di Indonesia berangkat ke tanah suci mekkah.

"Tentu sangat berat bagi jamaah haji Indonesia saat ini, semoga ada hikmah dari Pandemi Corona yang menimpa kita saat ini," ujarnya.

Ia menyebut, dalam sejarah panjang nabi ibrahim dan anaknya nabi Isma'il yang telah meninggalkan contoh yang paling menggugah yaitu hari raya kurban. Pesan moral yang di tinggalkan sangat bermanfaat hingga saat ini.

"Semoga sumbangan hewan qurban kita senantiasa mendapat balasan yang setimpal oleh Allah SWT diakhirat nanti," harapnya. (Rul)