Sidang Ajudikasi Bapaslon SUKA dengan KPU Dompu Berjalan Lancar

Kategori Berita

.

Sidang Ajudikasi Bapaslon SUKA dengan KPU Dompu Berjalan Lancar

Kamis, 01 Oktober 2020

 

Sidang Ajudikasi di kantor Bawaslu Kabupaten Dompu. (ist/Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Proses sidang Ajudikasi sengketa Pilkada antara Bapaslon H. Syaifurrahman Salman SE dan Ika Rizky Veryani (SUKA) dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dompu di kantor Bawaslu Kabupaten Dompu, Kamis (1/10/2020) berlangsung aman dan lancar. 


Berdasarkan informasi dihimpun, sidang ini, dipimpin langsung  Ketua Bawaslu Dompu (Ketua Majelis) Drs. Irwan bersama Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Dompu Swasatari Haz.


Pada sidang ini, Bapaslon SUKA diwakili tim kuasa hukum (advokat) yang terdiri dari Kisman SH, Dwi Yudhayana SH, Rusdiansyah SH MH, Suharto Baco SH dan Amirullah SH. Sedangkan pihak KPU Dompu, diawakili oleh jajarannya (Komisioner KPU Dompu) yakni Agus Setiawan SH, Sulastriana SE dan M. Anchory SE. 


Pada sidang ini pun, Tim kuasa hukum SUKA selaku pemohon membacakan permohonan  meminta agar pasangan Syaifurrahman Salman – Ika Rizky Veryani ditetapkan sebagai Calon Bupati Dompu pada Pilkada 9 Desember Tahun 2020. Sementara, KPU Dompu (termohon) menyampaikan jawabannya. 


Masih berdasarkan informasi, nampak situasi di depan kantor Bawaslu tenang dan kondusif. Kondisi ini tercipta berkat diperketatnya pengamanan yang dilakukan aparat gabungan kepolisian termasuk Brimob juga personel Kodim 1614/Dompu. 







Tidak hanya itu, pada kesempatan ini pun diberlakukan sterilisasi area kantor bawaslu dengan menutup akses menuju kantor Bawaslu. Hasilnya, pun terpantau tak ada kerumunan massa. 


"Alhamdulillah, setelah kami memberikan pemahaman kepada warga untuk menghindari kerumunan untuk menekan potensi penularan Covid-19 akhirnya diindahkan oleh mereka," kata Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH S.IK, kepada sejumlah awak media. 


Selain itu, Kapolres juga mengapresiasi semangat dan kinerja para anggota dalam menjalankan tugas untuk mengamankan situasi di lokasi ini. 


"Kita harus pertahankan situasi seperti ini. Pengamanan tetap dilakukan dengan cara persuasif dan humanis serta tanpa senjata," tuturnya. 


Ditambahkan Kapolres, kedepan masih banyak tahapan Pemilukada, tentu itu tidak akan lepas dari pengamanan. "Tetaplah jaga diri dan kesehatan agar tugas dan kewajiban bisa dijalankan dengan maksimal," terangnya. (Rul)