Pilkada 2020, Dandim 1614/Dompu Pastikan Anggotanya Netral

Kategori Berita

.

Pilkada 2020, Dandim 1614/Dompu Pastikan Anggotanya Netral

Kamis, 26 November 2020
Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.Kom. (sumber foto : Sorotkeadilan.com)


Dompu, Topikbidom.com - Menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu (Pilkada) 9 Desember Tahun 2020, Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono, memastikan seluruh jajaran anggotannya berlaku Netral alias tidak memihak pada Pasangan Calon (Paslon). 


Hal ini diungkapkan Dandim, sesuai dengan amanat undang undang bahwa TNI harus bersikap netral dan tidak terlibat politik praktis."Saya pastikan para anggota semuanya Netral dan tidak memihak pada Paslon mana pun," ungkap Letkol Inf Ali Cahyono S.Kom, saat diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, Kamis (26/11/2020).


Diakui Letkol Inf Ali Cahyono S.Kom, selama ini dirinya diberbagai kegiatan apapun tetap memberikan arahan kepada jajaran (para anggotanya) untuk tetap mengkedepankan sikap netral.


"Alhamdulillah, sampai detik ini tidak ada laporan mengenai adanya anggota saya yang terlibat politik atau mendukung salah satu paslon pada Pilkada," katanya. 


Apa saja yang dilakukan TNI menjelang Pilkada Dompu ?


Kata Letkol Inf Ali Cahyono S.Kom, sampai saat ini terutama menjelang Pilkada Dompu 9 Desember tahun 2020, pihaknya terus meningkat peranan untuk mem-back up (membantu kepolisian) mengamankan Pilkada Dompu. 


Selain itu, semua jajaranya termasuk para Babinsa di masing masing wilayah tetap fokus di lapangan, baik itu mengamankan tahapan juga mengedukasi dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama sama mengsukseskan Pilkada dengan sukses, aman serta damai. "Inilah yang kami lakukan sampai saat ini," jelasnya. 


Disinggung mengenai jumlah personel yang dikerahkan pada hari pencoblosan (Pilkada 9 Desember 2020) ?


Tambah Letkol Inf Ali Cahyono S.Kom, pihaknya akan mengerahkan kurang lebih sebanyak 3 Satuan Setingkat Peleton (SST) untuk mem-back up Polres Dompu, termasuk para Babinsa. "Jumlah ini sesuai dengan yang telah ditentukan sebelumnya," terangnya. 


Terlepas dari hal itu, pada kesempatan ini Letkol Inf Ali Cahyono S.Kom, mengharapkan kepada penyelenggara Pilkada, peserta dan masyarakat agar pelaksanaan Pilkada ini bisa berjalan aman, damai, sehat dan bermartabat. "Mari kita sambut pesta demokrasi ini dengan penuh kedamaian," ajaknya. (Rul)