Bupati dan Wakil Bupati Dompu Sambangi Korban Dampak Banjir di Hu'u

Kategori Berita

.

Bupati dan Wakil Bupati Dompu Sambangi Korban Dampak Banjir di Hu'u

Minggu, 28 Februari 2021

 

Bupati dan Wakil Bupati Dompu didampingi rombongan, saat menyambangi lokasi dampak bencana banjir di Kecamatan Hu'u

Dompu, Topikbidom.com - Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Kader Jaelani - H Syahrul Parsan ST, MT, Minggu (28/2/2021) menyambangi korban dampak bencana banjir di Kecamatan Hu'u. Hal ini dilakukan, untuk melihat langsung kondisi rumah warga pasca bencana tersebut. 


Dilokasi ini, Bupati dan Wakil Bupati Dompu, juga didampingi Setda Dompu Drs. H Muhibuddin M.Si, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar Jufri A.Md Par, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dompu Jufri ST, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH S.I.K, Dandim 1614/Dompu diwakili Pasi Ops 1614/Dompu Kapten Inf. Hamzah, Kepala Dinas Sat Pol PP Dompu Moh Syaiun SH MH dan sejumlah pejabat lingkup Pemda Dompu lainnya. 








Kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Dompu bersama rombongan ini pun, selain disambut baik oleh warga yang terkena dampak banjir. Juga, disambut oleh Camat Hu'u bersama Kepala Desa Daha, Marada, Rasabou, Jala dan Kepala Desa Cempi Jaya, Danramil 1613-03/Hu'u bersama anggotanya dan Kapolsek Hu'u bersama anggotanya. 


Saat tiba dilokasi dampak banjir ini pun, Bupati dan Wakil Bupati langsung berjalan mengelilingi Desa Daha, Marada, Rasabou, Jala dan Desa Cempi Jaya, untuk meninjau dampak kerusakan baik itu rumah rumah warga yang rusak dan lokasi sungai yang juga mengalami kerusakan. 










Bupati Dompu, saat memberikan keterangan persnya di lokasi dampak banjir di Kecamatan Hu'u


Pada kesempatan ini juga, Bupati dan Wakil Bupati, juga menyempatkan waktu untuk bertatap muka langsung dengan warga yang terdampak banjir sembari menyemangati para warga untuk tetap bersabar musibah bencana banjir yang meluluh lantakkan rumah warga dan sarana lainnya. 


"Saya selaku Bupati bersama Wakil Bupati Dompu, merasa prihatin dengan musibah yang melanda warga di Kecamatan Hu'u. Tetaplah bersabar dan berdoa kepada Allah SWT, semoga bencana ini tidak kembali terjadi," ujar Bupati Dompu Kader Jaelani, saat diwawancarai sejumlah wartawan di lokasi dampak bencana banjir. 




Bupati menyebut, bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Hu'u, mengakibatkan kerusakan rumah dan sarana lainnya yang cukup parah. Terutama rumah rumah warga yang berada di sekitar bantaran sungai. "Dampak kerusakan akibat bencana yang terjadi ini, sangat parah," ungkapnya. 


Diakui Bupati, pihaknya selaku pemerintah akan tetap bekerja keras dalam membantu masyarakat yang terkena dampak banjir ini. Selain memenuhi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini, juga akan segera melakukan berbagai langkah guna mengatasi berbagai kerusakan yang terjadi. "Kami pemeritah tidak akan tinggal diam dan segera mungkin bertindak cepat untuk memulihkan kondisi wilayah ini," jelasnya. 


Sementara itu, Kepala BPBD Dompu Jufri ST, mengatakan, bencana banjir yang melanda wilayah Kecamatan Hu'u, akibat hujan deras dan meluapnya air dilokasi sungai  ini menimbulkan dampak kerusakan yang sangat parah di desa yakni Desa Daha, Marada, Rasabou, Jala dan Cempi Jaya."Lokasi Desa yang paling mengalami kerusakan yang sangat parah itu Desa Daha. Beruntung bencana banjir ini, tidak menimbulkan korban jiwa," ungkapnya. 


Ia menyebut, dampak yang ditimbulkan akibat bencana ini mengakibatkan Ratusan rumah warga mengalami kerusakan yang cukup parah. Bahkan puluhan rumah warga, termasuk kendaraan roda dua dan empat serta ternak warga juga hanyut terbawa arus banjir. 


Selain itu, jembatan, sungai, pipa penyalur air bersih, bantalan bendungan dan beberapa sarana atau fasilitas umum lainnya di wilayah setempat juga rusak parah. "Lahan pertanian (sawah) seluas 50 hektar yang ditanami padi juga teredam banjir dan berakibat gagal panen," beber Jufri ST. 


Lanjut Jufri ST, mengenai penanganannya saat ini pihaknya sudah menyalurkan berbagai bantuan untuk warga yang terdampak banjir. Bantuan itu, berupa mie instan, air minum, beras, selimut dan sejumlah kebutuhan lainnya. 


"Itulah bantuan bantuan yang kami salurkan untuk para korban dampak banjir. Tadi juga Kapolres Dompu bersama jajarannya juga menyalurkan bantuan beras, mie instan dan telur," terangnya. 


Tambah Jufri ST, penanganan mengenai dampak musibah banjir ini, pihaknya bersama TNI - Polri akan terus bekerja keras memulihkan kondisi wilayah. Bahkan dilokasi ini, pihaknya juga membangun dapur umum untuk memenuhi kebutuhan warga setiap harinya. 


"Pada penanganan dampak banjir ini, kami juga libatkan PT Sumbawa Timur Mining (PT STM) karena lokasi dampak banjir ini berada di sekitar lingkar tambang. Mereka juga membantu menyalurkan air bersih secara langsung untuk para warga," jelasnya.


Pantauan langsung wartawan Topikbidom.com di lokasi dampak banjir, terlihat Bupati Dompu didampingi Wakil Bupati Dompu dan Kepala BPBD Dompu, Kapolres Dompu dan lainnya, menyerahkan bantuan logistik secara simbolis kepada Camat Hu'u yang saat itu, juga didampingi jajaranya di wilayah setempat.(Advertorial)