Bupati dan Wakil Bupati Dompu Terpilih, Akan Dilantik 17 Februari 2021

Kategori Berita

.

Bupati dan Wakil Bupati Dompu Terpilih, Akan Dilantik 17 Februari 2021

Rabu, 03 Februari 2021

 

Gambar Ilustrasi Pelantikan Kepala Daerah (Sumber Google)

Dompu, Topikbidom.com - Pelantikan Kepala Daerah (Bupati - Wakil Bupati dan Wali Kota - Wakil Wali Kota) terpilih hasil Pilkada serentak Tahun 2020 di NTB, kabarnya akan dilantik pada 17 Februari tahun 2021. Penetapan ini, berdasarkan hasil rapat Pemerintah Propinsi NTB bersama sejumlah Sekretaris Daerah (Sekda) yang telah melaksanakan Pemilukada serentak se-NTB. 


"Berdasarkan hasil rapat antara Pemerintah Propinsi NTB bersama jajaran Sekda yang dilaksanakan Kamis (4/2/2021) di Kota Mataram, bahwa pelantikan Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota se-NTB akan tetap dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2021 jika tidak ada halangan," ungkap Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah (Baprokopim) Setda Dompu Muhammad Iksan S.ST, MM, pada wartawan, Kamis (4/2/2021). 


Kata Kabag Baprokopim, semoga SK pelantikan tersebut  bisa secepatnya ditanda tangani oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Jika terjadi keterlambatan keluarnya SK pelantikan atau SK itu keluar pada tanggal 17 Februari 2021,  maka Mendagri akan mengeluarkan SK penjabat Bupati. 


Tetapi, jika SK penjabat Bupati ini pun tidak keluar, maka Gubernur NTB diminta untuk menunjuk Sekda kabupaten dan kota yang telah melaksanakan pilkada serentak ini sebagai pelaksana harian (plh) bupati dan walikota.


"Surat penunjukan Plh itu akan dikeluarkan jika SK bupati terpilih belum selesai diproses oleh Kemendagri. Yang jelas usulan untuk Pelantikan Bupati - Wakil Bupati dan Walikota - Wakil Walikota terpilih se-NTB tanggal 17 Februari 2021 sudah dikirim oleh Pemerintah Propinsi ke Mendagri dan Pemprov sekarang masih menunggu SK tersebut," paparnya. 


Devisi Hukum AKJ SYAH Center, Maman SH, pada wartawan juga mengatakan Pelantikan Bupati - Wakil Bupati dan Walikota - Wakil Walikota yang telah melaksanakan pilkada serentak di NTB ini akan dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2021. "Pelantikan itu akan dilaksanakan  17 Februari 2021. Kecuali ada hambatan saja, tapi yang jelas sesuai hasil dengan hasil koordinasi kami dengan pihak terkait, pelantikan itu akan dilaksanakan pada tanggal tersebut," katanya. 


Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Dompu Drs. Arifuddin, yang didatangi wartawan di kantornya, tidak berhasil ditemui lantaran yang bersangkutan sedang berada di luar daerah. "Pak ketua dan seluruh anggota Komisioner KPU Dompu sedang berada di Jakarta untuk membawa berkas penetapan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Terpilih. Begitu yang kami tau," tutur salah seorang pegawai Sekretariat KPU Dompu.(Rul)