Polsek Manggelewa Tinjau dan Data Rumah Dampak Banjir Bandang

Kategori Berita

.

Polsek Manggelewa Tinjau dan Data Rumah Dampak Banjir Bandang

Sabtu, 06 Februari 2021

 

Kapolsek Manggelewa bersama anggotanya, saat meninjau dan mendata rumah warga dampak bencana banjir bandang

Dompu, Topikbidom.com - Kapolsek Manggelewa, IPTU Rodolfo M De Araujo, bersama anggotanya, Jumat (5/2/2021) mengunjungi wilayah Desa Kwangko Kecamatan Manggelewa. Kehadiran mereka, mendata langsung rumah rumah warga yang terkena dampak banjir bandang. 


Paur Subbag Humas Polres Dompu Aiptu Hujaifah, mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka melakukan pengecekan rumah warga yang tergenang banjir akibat luapan air sungai yang disebabkan oleh curah hujan tinggi melanda Desa Kwangko, beberapa waktu lalu. "Inilah alasan kenapa Polsek Manggelewa," ungkap Aiptu Hujaifah, mengutip penyampaian Kapolsek Manggelewa, Sabtu (6/2/2021). 






Ia menyebut, kondisi curah hujan yang cukup tinggi yang berlangsung dari pukul 14.30 wita hingga pukul 20.00 wita, mengakibatkan sebagian rumah-rumah warga yang berada di pinggiran sungai terendam banjir mencapai hampir 1 meter. Sedangkan dipermukaan jalan raya terendam banjir sekitar 5 - 10 cm. "Akibat dari Banjir tersebut, tidak ada korban jiwa hanya kerugian materil berupa hanyutnya 4 Unit Rumah dan 1 Kandang Kambing yang berada di pinggir sungai," jelas Aiptu Hujaifah. 


Ia juga menyebut, bencana banjir bandang ini pun mengakibatkan 4 unit rumah hanyut akibat banjir tersebut. Rumah rumah itu milik  Muliadin, Talib, Muslimin, Jamaludin dan Hadiasan. Beruntung, genangan atau luapan air berangsur mulai surut dari pukul 23.30 wita dan warga setempat masih berjaga-jaga di luar rumah untuk mengantisipasi adanya banjir susulan. 


"Akibat dari derasnya aliran air sungai di wilayah tersebut, sebuah jembatan penghubung antara Sumbawa - Dompu terkikis oleh Air, sehingga bagian bawah dari jembatan membentuk lubang atau terowongan," jelas Aiptu Hujaifah.


Tambah Aiptu Hujaifah, sampai dengan saat ini, Kapolsek Manggelewa bersama anggota dan dibantu oleh warga setempat masih stand by di lokasi banjir guna melakukan pengaturan Jalan Raya dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (Rul)