Pemerintah Bergerak Cepat Tangani Wilayah Dampak Banjir di Hu'u

Kategori Berita

.

Pemerintah Bergerak Cepat Tangani Wilayah Dampak Banjir di Hu'u

Jumat, 05 Maret 2021

 

Pemda dan Forkompinda Dompu, saat berada di lokasi dampak banjir di Kecamatan Hu'u

Dompu, Topikbidom.com - Bencana Banjir bandang yang terjadi beberapa bulan lalu hingga meluluh lantakan 5 desa di Kecamatan Hu'u,  tidak hanya menorehkan duka yang mendalam bagi masyarakat (para korban) yang rumahnya hancur dan hanyut dibawa arus banjir. Akan tetapi, juga menjadi perhatian serius dari pemerintah khususnya pemerintah daerah. 


Bentuk perhatian Pemda Dompu, tidak hanya menyalurkan bantuan untuk para korban dampak banjir. Tapi juga, terus bekerja keras dalam memulihkan kondisi wilayah dampak banjir. Hal itu terbukti, tidak menunggu waktu yang lama, Pemda Dompu langsung bergerak cepat melakukan normalisasi sungai yang menjadi penyebab meluapnya air banjir dilokasi sungai setempat. 


Normalisasi sungai dampak banjir di Kecamatan Hu'u

Seperti yang terlihat, dilokasi sungai Desa Daha Kecamatan Hu'u. Dilokasi ini, Pemda Dompu menurunkan sejumlah unit alat berat (eksavator) dan lainnya untuk melakukan normalisasi sungai. Hal ini dilakukan, guna mengantisipasi agar tidak terjadinya banjir susulan yang melanda wilayah Kecamatan setempat. 


Bupati Dompu Kader Jaelani, saat berada di lokasi dampak banjir di Kecamatan Hu'u


Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan ST, MT, saat berada di lokasi dampak bajir di Kecamatan Hu'u

Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar Jufri A.Md,Par, saat berada di lokasi dampak banjir di Kecamatan Hu'u

Tidak hanya itu, Bupati Dompu Kader Jaelani, Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan ST, MT dan Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar Jufri A.Md, Par dan lainnya  pun juga tetap melakukan peninjauan di lokasi dampak banjir, guna melihat secara langsung kondisi pasca banjir tersebut. 


Selain itu, mereka juga hadir dilokasi dampak banjir untuk melihat langsung kondisi warga dan mendengar secara langsung apa yang menjadi keluhan warga setempat. Hal ini menunjukkan, mereka begitu prihatin terhadap apa yang dirasakan oleh warga menjadi korban dampak banjir tersebut. 


Pantauan wartawan Topikbidom.com, Sabtu (6/3/2021) jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dompu dibawah kepemimpinan Kepala BPBD setempat, Jufri ST, pun juga mengerahkan anggotannya untuk terus menjalankan fungsi dan tugas di lokasi dampak banjir. Begitu juga, dengan jajaran Kesehatan, Kepolisian, TNI dan lainnya, ikut berperan membantu di lokasi setempat. 


Masih dalam pantauan wartawan Topikbidom.com, duka yang mendalam yang dialami warga dampak banjir ini, tidak hanya menjadi perhatian pemerintah. Tapi juga, mematik perhatian dari pihak lainnya yang ada di daerah maupun di luar daerah. 


Hal itu terbukti, banyaknya bantuan yang juga datang dari pihak diluar pemeritah, khususnya pemuda dan masyarakat yang ada di luar daerah Dompu. Mereka ini, rela datang secara langsung di lokasi dampak banjir untuk menyalurkan bantuan untuk para warga terdampak banjir.


Sampai berita ini diunggah, semua pihak terus bergerak menjalankan fungsinya membantu di lokasi dampak banjir di Kecamatan Hu'u.(Rul)