Kecewa dengan Perum Bulog, Petani Dompu Blokade Jalan

Kategori Berita

.

Kecewa dengan Perum Bulog, Petani Dompu Blokade Jalan

Jumat, 09 April 2021

 

Babinsa Kelurahan Kandai Dua, Sertu Agus Salim, bersama Bhabinkamtibmas serta pihak lainnya, saat melakukan negosiasi dengan massa aksi (para petani) untuk membuka kembali jalan yang diblokade

Dompu, Topikbidom.com - Puluhan petani asal Kelurahan Kandai Dua, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Jumat (9/4/2021) malam melakukan aksi blokade jalan lintas Dompu - Sumbawa, tepatnya di jalur pertigaan depan Masjid Khusurul Jannah, Kelurahan Kandai Dua. Aksi ini dipicu rasa kecewa para petani terhadap Perum BULOG cabang Bima Dompu mengenai pembelian gabah padi petani yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal. 





Babinsa Kelurahan Kandai Dua, Sertu Agus Salim, pada wartawan membenarkan adanya aksi blokade jalan yang dilakukan oleh petani Kelurahan Kandai Dua, Kecamatan Woja. Ia menjelaskan, dari hasil pengakuan para petani karena kecewa gabah padi mereka dibeli dengan harga Rp Rp 3.850 per-kilo. Sementara, kesepakatan awal harganya Rp 4.200 per-kilonya. 


"Seperti itulah pengakuan para  petani yang diwakili Safruddin (petani) warga Kelurahan Kandai Dua, saat saya dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Kandai Dua, menemui mereka tadi di lokasi berlangsungnya aksi  blokade jalan," ungkap Sertu Agus Salim. 




Berangkat dari hal ini lanjut Sertu Agus Salim, para petani juga menyampaikan tuntutan antaralain meminta kepada Bulog cabang Bima Dompu untuk membeli gabah padi petani sesuai dengan kesepakatan awal (harganya Rp 4.200 perkilo). "Itulah yang tuntutan para petani," jelasnya. 


Diakui Sertu Agus Salim, tadi dirinya bersama Bhabinkamtibmas serta pihak lainnya langsung melakukan negosiasi dengan para petani untuk segera membuka kembali jalan yang diblokade agar aktifitas pengguna jalan kembali normal. 


"Alhamdulillah, para petani menerima dengan baik apa yang kami sampaikan dan para petani meminta agar besok pihak Bulog cabang Bima Dompu turun dan menemui para petani. Usai itu pun, akhirnya para petani dibantu oleh kami membuka kembali yang diblokade," terangnya. 


Babinsa Kelurahan Kandai Dua Sertu Agus Salim bersama pihak lainnya, saat membantu mengangkat kayu yang sebelumnya dipakai para petani untuk diblokade jalan


kondisi lalu lintas kembali lancar setelah jalan yang diblokade dibuka 



Pantauan wartawan di lokasi kejadian, aksi blokade jalan dengan menggunakan batu dan kayu oleh para Petani Kelurahan Kandai Dua, Kecamatan Woja, ini mengakibatkan aktifitas pengendara roda dua dan empat di lokasi setempat lumpuh total. Beruntung, aksi ini mampu diredam setelah Babinsa Kelurahan Kandai Dua bersama Bhabinkamtibmas setempat tiba di lokasi dan menemui para petani tersebut. Saat in, aktifitas lalu lintas di lokasi tersebut sudah kembali lancar. (Rul)