Dandim 1628/SB Pantau Vaksinasi dan Testing di Kecamatan Maluk

Kategori Berita

.

Dandim 1628/SB Pantau Vaksinasi dan Testing di Kecamatan Maluk

Senin, 09 Agustus 2021

 

Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi, S.T, M.I.P, saat melakukan kegiatannya di lapangan

KSB, Topikbidom.com - Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi, S.T, M.I.P, Senin (9/8/2021) memantau secara langsung kegiatan Vaksinasi COVID-19 dan melakukan pengawasan Tracing Contact COVID-19 serta Testing di Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).  "Upaya percepatan penanganan covid -19 di Kabupaten Sumbawa Barat terus dilakukan baik melalui giat mitigasi pencegahan," ungkap Dandim. 


Hal itu lanjut Dandim, baik melalui imbauan prokes COVID-19, penegakan disiplin prokes, serbuan vaksin, penyiapan rumah isolasi terpadu dari tingkat Desa, Kecamatan sampai tingkat Kabupaten, pendataan jumlah bor di setiap rumah sakit, kesedian obat obatan juga oksigen di puskemas dan rumah sakit. 


Selain itu, juga pendampingan  penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat terkonfirmasi COVID-19, kegiatan tiga 3 tracing (pelacakan), testing (pemeriksaan), treatment ( perawatan), dimaksimalkan secara sungguh sungguh guna mendeteksi sebaran kasus COVID-19 agar tidak meluas di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat.


"Dukungan serta peran aktif para guru sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan pengawasan kepada murid dalam kegiatan belajar mengajar, mengingat sekarang status kabupaten Sumbawa Barat sudah masuk PPKM tahap 3," papar Dandim, saat bersama Kapus UPTD Maluk melaksanakan assessment terhadap guru di SDN I  Dan SDN 2 Maluk. 






Menurut Dandim, saat ini yang paling penting semua yang melaksanakan kegiatan adalah harus tetap menerapkan protokol kesehatan dan selalu melaporkan perkembangan kondisi kesehatan. "Segera infokan kepada Satgas COVID-19  setempat guna mendapatkan penanganan lebih lanjut untuk mencegah penyebaran COVID-19," katanya. 


Diakui Dandim, tadi ia juga sempat meninjau gudang serabut di dusun Maluk loka Desa Maluk dan menyaksikan pelaksanakan Tracing contact COVID-19 terhadap pekerja serabut contact erat terhadap saudari inisial  S yang dinyatakan terkofirmasi positif COVID-19.


"Tracking dan testing contact COVID-19 di Gudang Serabut Desa Maluk serta swab antigen kepada 17 orang terdiri dari 3 orang laki laki, 14 orang perempuan dengan hasil 2  orang perempuan terkofirmasi positif dan 15 orang negatif," jelasnya. 




Tambah Dandim, Ia juga meninjau pelaksanaan Tracking contact terhadap orang yang kontak erat dengan pasien positif COVID-19 saudari N Desa Mantun serta swab antigen kepada keluarga suadari N dirumahnya terdiri dari 4  orang dengan hasil 2 orang hasil negatif  2 orang perempuan terkonfirmasi positif. "Dalam pelaksanaan Tracking contact dan swab antigen COVID-19 terhadap 21 orang di dua lokasi  terkofirmasi 5 orang positif COVID-19," terangnya. 


Sebelumnya, pada kegiatan ini selain Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Sunardi, S.T, M.I.P., juga Danramil 1628-02/Sekongkang Lettu Cba Yusman, Sekcam Maluk Hendra Jaya, Kepala UPTD Puskesmas Maluk Fahmi S,km, Danpos AL Benete Serka PDK Dany Fajar Rismawan, Babinsa dan Bhambinkamtibmas se-Kecamatan Maluk, Para guru dan Petugas Surveilans. RUL