Sambut 76 Tahun Kemerdekaan RI, TNI-POLRI dan Pemda Sumbawa Barat Gelar Vaksinasi Presisi Merdeka Goes to Kampus

Kategori Berita

.

Sambut 76 Tahun Kemerdekaan RI, TNI-POLRI dan Pemda Sumbawa Barat Gelar Vaksinasi Presisi Merdeka Goes to Kampus

Sabtu, 07 Agustus 2021
foto bersama di lokasi kegiatan


Sumbawa Barat, Topikbidom.com - Upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 salah satunya dengan program vaksinasi secara masif di seluruh wilayah termasuk di Kabupaten Sumbawa Barat. 


Setelah sukses melaksanakan vaksinasi dibeberapa tempat di Kabupaten Sumbawa Barat kembali digelar, Sabtu (7/8/2021)  di Auditorium Universitas Cordova Sumbawa Barat. Kegiatan ini berlangsung dengan tema Vaksinasi Presisi Merdeka Goes to Campus, Sinergitas TNI -Polri bersama Pemda Kabupaten Sumbawa Barat. Kegiatan ini pun, digelar dalam rangka menyambut 76 Hari Ulang Tahun (HUT) RI. 




Wakil Bupati Sumbawa Barat, FUD Saifuddin ST, menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Kapolres, Dandim 1628/SB dan seluruh instansi terkait yang telah bekerjasama mengsukseskan kegiatan ini. Ia menjelaskan, kegiatan tersebut dalam rangka memberikan pelayanan vaksin terhadap masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat terutama kepada para Mahasiswa Universitas Cordova. "Apa yang kita lakukan ini  untuk menimalisir penyeberangan COVID-19 dengan harapan  pandemi COVID-19 segera berakhir dan masyarakat kembali hidup normal tanpa ada ketakutan dan kepanikan lagi dengan virus mematikan ini," ungkapnya. 


Disela waktu,Rektor Universitas Cordova Sumbawa Barat  Dr.K.H. Zulkifli Muhadli, SH.M.M, juga menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah daerah, TNI-POLRI dan pihak terkait khususnya tenaga vaksinator yang telah melaksanakan vaksinasi di Kampus Universitas Cordova. "Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat kepada masyarakat  dan anak- anak kami para mahasiswa sehingga dapat menimalisir penyebaran COVID-19," ucapnya. 


Disela waktu juga, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono, S.I.K, MH., kegiatan Vaksinasi Presisi Merdeka Goes to Campus, berkat kerjasama sinergitas TNI-POLRI bersama Pemda Kabupaten Sumbawa Barat dan Universitas Cordova Sumbawa Barat. "Semoga kegiatan vaksinasi ini dapat bermanfaat. Setidaknya dengan dilakukannya vaksin dapat memperkebal daya tahan tubuh kita agar terhindar dari COVID-19," harapnya. 








Sementara itu, Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol CZI Sunardi, ST. M.IP.,  dengan terlaksananya pemberian vaksin kepada seluruh lapisan masyarakat dapat mengurangi angka penyebaran COVID-19. Ia pun menjelaskan, kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada sinergitas TNI-POLRI dan pemerintah daerah, komponen masyarakat termasuk civitas akademika universitas Cordova. 


"Kami berharap para mahasiswa juga dapat  menjadi agen agen dalam membantu pemerintah dalam kampanye upaya percepatan penanganan COVID-19. Terutama mengenai protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," ujarnya. 


Selain itu lanjut Dandim,  pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing) dan perawatan (treatment) sangat penting agar bisa mendapatkan perawatan dengan cepat. "Berkat mengetahui lebih cepat, kita bisa menghindari potensi penularan ke orang lain," katanya. 


Menurut Dandim, kesadaran penerapan protokol kesehatan dan lainnya masih perlu ditingkatkan. Sosialisasi untuk menyukseskan program serbuan vaksin dan kesadaran dalam mengikuti anjuran pemerintah perlu ditingkatkan. "Isolasi terpadu dirumah isolasi terpadu baik ditingkat desa, kecamatan maupun  tingkat kabupaten sehingga upaya yang dilakukan dapat memberikan hasil maksimal," paparnya. 


Dandim berharap, semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan dapat bermanfaat untuk masyarakat. Ia juga berharap tim pelaksanaan kegiatan ini tetap semangat dan kompak. "Semoga pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat dapat bernilai ibadah," tandasnya.


Pada kegiatan, juga dihadiri Wakil Bupati Sumbawa Barat FUD Saifuddin, ST, Ketua DPRD Sumbawa Barat Kaharuddin Umar, Rektor Universitas Cordova Sumbawa Barat Dr.K.H. Zulkifli Muhadli, SH.M.M, Sekda Sumbawa Barat Amar Nurmansyah, ST.,M.Si, Dandim 1628/ SB Letkol CZI Sunardi,ST. M.IP., Kapolres Sumbawa barat AKBP Herman Suriyono, S.I.K, MH.,Kepala BNN Sumbawa barat AKBP CHEPPY,.Kabag Ops Polres Sumbawa Barat AKP Iwan Sugianto, SH.,Danramil 01/Taliwang Kapten Inf Bambang.,Kapolsek Taliwang IPTU Mulyadi, S.Sos.,Paurkes Polres Sumbawa Barat IPTU Ika Hidayati, S.Si.,13 Petugas Vaksinasi dari RSUD ASY SIFA dan Batalyon Vaksinator TNI POLRI Sumbawa Barat dan seluruh peserta vaksin terdiri dari mahasiswa dan dosen Universitas Cordova.


Sebelumnya berdasarkan informasi yang dihimpun, jumlah Vaksin yang akan di berikan kepada masyarakat yakni berjumlah 500 dosis vaksin. Kegiatan ini terlaksana dengan baik berkat kerjasama TNI-POLRI, pemerintah daerah, Dinas Kesehatan, HMI,  BNN dan Batalyon Vaksinator. 


Kegiatan ini pun, diawali dengan pendaftaran kemudian dilakukanya Screaning atau pemeriksaan Kesehatan kepada peserta penerima vaksin Covid-19.  Setelah itu dilanjutkan dengan penyuntikan Vaksin Sinovak yang kemudian juga dilakukan observasi selama 30 menit untuk melihat reaksi vaksin kepada penerima dan diakhiri dengan pemberian surat keterangan telah menerima Vaksinasi Covid-19 tahap 1.


Masih berdasarkan informasi dihimpun, jumlah penggunaan vaksin sebanyak 560 orang dan jumlah vaksin sebanyak 56 vial. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Penyerahan Cendera Mata dari Rektor Cardova kepada  Dandim 1628/Sumbawa Barat, Kapolres Sumbawa Barat, Sekda, Kepala BNN dan Kadis Kesehatan. Selain itu, juga penyerahan Cendera mata kepada perwakilan Mahasiswa Cardova oleh Dandim, Kapolres, Sekda, Kadiskes dan kepala BNN. RUL