Rencana Pembangunan Pelabuhan Nusantara Kilo, Kepala Dishub : sedang dalam tahap SID

Kategori Berita

.

Rencana Pembangunan Pelabuhan Nusantara Kilo, Kepala Dishub : sedang dalam tahap SID

Senin, 20 September 2021

 

Kepala Dishub Dompu, Ir. Syafrudin (dok: topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Persiapan pembangunan pelabuhan Nusantara di wilayah Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu, terus digenjot oleh pemerintah. Saat ini, prosesnya sedang dalam tahap Studi Investigasi Desain (SID) oleh Direktorat Perhubungan Laut RI.  


Hal ini diungkap Kepala Dishub Dompu, Ir. Syarifudin, saat dikonfirmasi wartawan Topikbidom.com di ruang kerjanya, Selasa (21/9/2021)."Mengenai rencana pelabuhan Nusantara itu masih dalam tahap SID," ujarnya.


Kata Ir. Syarifudin, SID ini melakukan kajian baik di darat maupun di laut. Seperti, pasang surut, arus dan lokasi dermaga. "Yang melakukan SID ini adalah konsultan pemenang tender," jelasnya. 


Lanjut Ir. Syarifudin, SID ini baru dilakukan selama 2 bulan dan akan berlangsung selama 6 bulan. "Hal ini sesuai dengan ketentuan dan aturan dalam SID itu," terangnya. 


Setelah dilakukan SID tambah Ir. Syarifudin, akan dilanjutkan dengan penganggaran dan kajian lingkungan yang akan dilakukan oleh pihak pihak yang memiliki tugas serta tanggung jawab kaitan hal tersebut. "Itulah tahapan tahapan yang harus dilakukan," paparnya. 


Sebelum berdasarkan informasi dihimpun wartawan Topikbidom.com, rencananya pelabuhan Nusantara akan dibangun di wilayah Desa Mbuju, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu. Pelabuhan ini, kabarnya akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi kemajuan daerah termasuk memberikan kemudahan aktivitas dalam bidang ekonomi masyarakat. RUL