DAK Rp194 Miliar Tahun 2022, Kepala Bappeda dan Litbang: Pembangunan Fisik mendorong kesuksesan JARA PASAKA

Kategori Berita

.

DAK Rp194 Miliar Tahun 2022, Kepala Bappeda dan Litbang: Pembangunan Fisik mendorong kesuksesan JARA PASAKA

Minggu, 09 Januari 2022

 

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, Drs. H Gaziamansuri M.Ap (dok : Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Meski program Jara Pasaka hanya dibiayai sebesar Rp40 Miliar lebih dari APBD Dompu Tahun 2022, namun pembangunan fisik yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp194 Miliar, juga harus diprioritaskan.


"Pembangunan fisik adalah bagian penting mengsukseskan program Jara Pasaka," ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang (Bappeda dan Litbang) Kabupaten Dompu, Drs. H Gaziamansuri M.Ap,  saat dikonfirmasi wartawan Topikbidom.com di ruang tunggu  Bupati Dompu, Senin (10/1/2022). 


Diakui Gaziamansuri, program Jagung, Porang, Sapi dan Ikan (Jara Pasaka) hanya dibiayai Rp40 Miliar lebih dari APBD tahun 2022. Sedangkan, Rp194 Miliar pembangunan fisik, itu dibiayai dari DAK Tahun 2022. 


"Kita akui DAK tahun ini memang mengalami peningkatan. Tapi hal ini berdasarkan ketentuan pemerintah pusat," jelasnya. 


Disinggung kenapa program Jara Pasaka hanya dibiayai Rp40 Miliar lebih?


Kata Gaziamansuri, anggaran sebesar itu (Rp40 Miliar lebih,Red) itu sudah sesuai untuk kebutuhan program Jara Pasaka. Apalagi, program itu (Jara Pasaka) hanya beberapa saja yakni Jagung, Porang, Sapi dan Ikan. 


"Anggaran Rp40 Miliar lebih adalah jumlah yang sangat besar untuk membiayai program Jara Pasaka," katanya. 


Kenapa Porang hanya dibiayai sebesar Rp1 Miliar? 


Tambah Gaziamansuri, Porang ini baru tahap awal (percobaan,Red) dan besaran anggaran itu, sudah sesuai dengan yang dibutuhkan. "Ini adalah langkah awal untuk memastikan sejauh mana tanaman porang ini mampu dikembangkan," terangnya. 


Sambung Gaziamansuri, dari besar anggaran Rp40  miliar lebih  untuk program Jara Pasaka dengan rincian yakni Dinas Dikpora Dompu Rp19,3 Miliar, Dinas Kesehatan (Dikes) Rp26,4 Miliar, PUPR Rp11,1 Miliar, Perkim Rp4,12 Miliar, Dinas Ketahanan Pangan Rp3 Miliar, DPPKB Rp1,95, Dishub Rp7,84 Miliar, Dinas Perpustakaan Rp500 juta, Dinas Kelautan dan Perikanan Rp1,04 Miliar, Dinas Pertanian dan Perkebunan Rp3,04 Miliar dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Rp3 Miliar. "Itulah rincian mengenai besaran anggaran itu," paparnya. RUL