Ketua DPRD: Semoga Program Jara Pasaka mampu tingkatkan Pendapatan Ekonomi dan Kemajuan Daerah

Kategori Berita

.

Ketua DPRD: Semoga Program Jara Pasaka mampu tingkatkan Pendapatan Ekonomi dan Kemajuan Daerah

Rabu, 05 Januari 2022

 

Ketua DPRD Dompu, Andi Bachtiar A.Md, Par (ist/Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Pemda Dompu fokus mengembangkan program Jara Pasaka (Jagung, Porang, Padi, Sapi, dan Ikan) guna mewujudkan Dompu yang maju, sejahtera, unggul dan religius (Mashur) Tahun 2022. Meski ini menjadi titik fokus pemerintah, tapi tidak terlepas dari ruang lingkup pengawasan DPRD Dompu. 


Ketua DPRD Dompu, Andi Bachtiar A.Md, Par, mengatakan, DPRD tentunya akan ikut mengawal program Jara Pasaka. Program, ini diharapkan mampu mewujudkan nilai-nilai kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah. "Kami akan ikut mengawal program itu (Jara Pasaka)," ungkapnya, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Rabu (5/1/2022).


Andi Bachtiar A.Md, Par yang juga didampingi Sekwan DPRD Dompu Rohyani SH dan Kasubag Keuangan DPRD Dompu Arif Hidayatullah SE, menyebut, pengembangan Jagung, Porang, Padi, Sapi, dan Ikan (Jara Pasaka) diharapkan mampu diwujudkan Pemda Dompu, demi menjadikan Kabupaten Dompu yang Mashur. 


Ia menyebut, Pemda Dompu mengalokasikan anggaran sekitar Rp 40 Miliar yang bersumber dari APBD Tahun 2022 untuk program Jara Pasaka. "Termasuk untuk demplot (percobaan) tanam Porang dianggarkan Rp 1 Miliar," jelasnya. 


Menurut Andi Bachtiar A.Md, Par, langkah Pemda Dompu mengalokasikan anggaran Rp 1 Miliar penanaman Porang, itu adalah langkah yang tepat untuk mengetahui, sejauh mana Porang ini mampu meningkatkan nilai-nilai pendapatan ekonomi masyarakat khususnya petani. 


"Jadi kita bisa mengukur apakah semua wilayah di Kabupaten Dompu, ini kadar tanahnya  cocok untuk ditanami Porang atau tidak," katanya. 


Kalau hasilnya sesuai apa yang diharapkan, lanjut Andi Bachtiar A.Md, Par, tentu para petani akan terus meningkat aktivitas untuk mengembangkan tanaman Porang tersebut. "Ini yang kita harapkan," tuturnya. 


Tidak hanya Porang tambah Andi Bachtiar A.Md, Par, jagung, padi, sapi dan ikan, juga diharapkan mampu dikembangkan Pemda Dompu. Sehingga, hasilnya miliki manfaat yang luar biasa untuk kesejahteraan dan kemajuan daerah. "Semua pihak harus mendukung program unggulan pemerintah daerah," terangnya. 


Disinggung mengenai peningkatan pembangunan fisik di Tahun 2022? 


Sambung Andi Bachtiar A.Md, Par, ini juga adalah langkah yang sangat luar biasa. Sebab, tanpa didukung fasilitas memadai tidak mungkin program Jara Pasaka mampu diwujudkan. "Tentunya berbagai pembangunan ini harus dikawal bersama demi tercapainya tatanan pembangunan sesuai harapan bersama," tandasnya. RUL