Tuntut Pembebasan Zumri, Warga Desa Baka Jaya Blokade Jalan

Kategori Berita

.

Tuntut Pembebasan Zumri, Warga Desa Baka Jaya Blokade Jalan

Minggu, 16 Januari 2022

 

Aksi blokade jalan yang dilakukan warga Desa Baka Jaya, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu (dok: Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Puluhan warga Desa Baka Jaya, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Senin (17/1/2022) melakukan aksi blokade jalan lintas Dompu-Sumbawa Desa Baka Jaya setempat. 


Blokade jalan dengan menggunakan kayu, batu dan membakar ban bekas ini, mendesak Polres Dompu, segera membebaskan Zumri, yang sebelumnya diamankan oleh pihak Polres Dompu. 


Korlap aksi blokade jalan Desa Baka Jaya


Koordinator Lapangan (Korlap), Dego Bayu Restati, warga Desa Baka Jaya, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, mengatakan hari ini warga Desa Baka Jaya yang merupakan keluarga dari Zumri melakukan aksi blokade jalan sebagai bentuk sikap mendesak Polres Dompu, segera membebaskan Zumri. 


Kata Dia, Zumri diamankan aparat kepolisian Polres Dompu, lantaran kedapatan membawa senjata tajam (sajam) saat berlangsungnya razia oleh aparat kepolisian setempat. "Inilah alasan kenapa kami melakukan blokade jalan," ungkapnya. 


Kata Korlap, Zumri hanya kedapatan membawa sajam dan tidak melakukan tindak kejahatan. Tapi, sampai saat ini Zumri masih ditahan oleh Polres Dompu. "Ini sangat aneh dan membuat kami bingung," bebernya. 


Korlap menyebut, pada saat kejadian pengamanan tidak hanya Zumri yang diamankan. Tapi, juga ada rekan Zumri lainnya yang ikut diamankan. "Tapi rekan lain yang ikut diamankan sudah dibebaskan. Lantas, kenapa Zumri tidak ikut dibebaskan," herannya. 




Pantauan wartawan Topikbidom.com, aksi blokade jalan ini mengakibatkan aktivitas pengguna jalan lumpuh total. Tidak hanya itu, suasana di lokasi juga sempat memanas dan memicu bentrok lantaran sebagai orang warga Desa Baka Jaya, tidak sepakat jalan diblokade dan memaksa membuka kembali jalan yang diblokade. Sampai berita ini diunggah, jalan masih diblokade. RUL