Peringati 76 Tahun HPN, Pemda Dompu Silaturahmi dengan Wartawan

Kategori Berita

.

Peringati 76 Tahun HPN, Pemda Dompu Silaturahmi dengan Wartawan

Rabu, 09 Februari 2022

 

Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra SKM M.MKes, saat menyampaikan sambutannya (foto Bimbim)

Dompu, Topikbidom.com - Momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang Ke-76 tahun, tidak hanya menjadi hari bahagia bagi seluruh insan pers. Tapi, juga mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah dan pihak lainnya yang tentunya sadar bertapa pentingnya peran serta fungsi Pers. 


Hal itu, terbukti seperti yang dilakukan Pemda Dompu, Rabu (9/2/2022). Pada momentum hari jadi Pers ini, pemerintah setempat menggelar acara Silaturahmi dengan seluruh insan Pers se-Kabupaten Dompu. 







Acara yang berlangsung di Pandopo Bupati Dompu ini, dipimpin Sekda Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra SKM, M.MKes (wakili Bupati Dompu). Pada momentum rasa bahagia ini, pun juga dihadiri Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar A.Md Par, Kajari Dompu Mei Abeto Harahap SH MH, Dandim 1614/Dompu Letkol KAV Taufiq S.Sos, perwakilan Kapolres Dompu. 


Hadir juga, para Asisten Setda Dompu, Staf Ahli Bupati Dompu, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sejumlah ASN di Setda Dompu serta puluhan wartawan dari media cetak dan online se-Kabupaten Dompu. 


Sekda Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra SKM, M.MKes mengatakan ini adalah momentum yang sangat bahagia. Dimana, seluruh insan Pers di seluruh daerah khususnya di Kabupaten Dompu. "Ini adalah hari yang dipenuhi dengan kebahagiaan," ujarnya. 


Bupati Dompu Kader Jaelani dan Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan ST MT, tidak hadir di acara silaturahmi dengan insan Pers? 


Pada momentum ini, Sekda mewakili Bupati Dompu pada acara silaturahmi dengan para Insan Pers. Sebenarnya Bupati ingin sekali hadir, namun kondisi beliau saat ini sedang drop akibat banyaknya kegiatan. Begitu juga dengan Wakil Bupati Dompu, beliau tidak bisa hadir karena saat ini sedang berada di luar daerah dalam rangka tugas. "Bupati menyampaikan permintaan maaf kepada teman-teman pers dan beliau mengucapkan selamat HPN," jelasnya. 


Lanjut Sekda, acara silaturahmi ini sengaja dilaksanakan Pemda Dompu, selain ikut memperingati HPN. Juga, meningkatkan sinergitas antara pemerintah dengan insan pers. "Inilah alasan kenapa kami melaksanakan kegiatan ini," katanya. 


Pada momentum ini, pihaknya juga sengaja mengundang para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda Dompu, agar bisa mengambil bagian guna mengungkap apa yang menjadi masukan dan saran. Bahkan, insan pers juga secara langsung menanyakan berbagai hal yang menyangkut peran OPD. "Kami sengaja mengundang para Kadis untuk hadir," terangnya. 


Sekda ungkap peran Pers dan harapan kepada Pers?


Kata Sekda, peran Pers sangat memberikan kontribusi besar bagi daerah. Selain, membantu pemerintah dalam mengawal (memberitakan) tentang program unggulan pemerintah (Jara Pasaka). Juga, ikut mengasosiasikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah. "Kalau tidak ada Pers akan jadi apa dunia ini. Ibarat sayur tanpa garam," tuturnya. 


Maka itu, pada kesempatan ini Sekda sangat berharap Pers bisa tetap bersinergi dengan pemerintah dan mendukung langkah pemerintah dalam mensukseskan program demi mewujudkan perubahan kemajuan nyata yakni membawa daerah ini menuju Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius (Mashur). 


"Inilah harapan besar kami pemerintah kepada para Insan Pers. Selamat hari pers Nasional. Semoga Pers terus diberikan kesehatan dan kekuatan ditengah menjalankan tugas serta tanggung jawabnya. Sukses buat teman-teman Pers," tandasnya. 


Peran Pers Dompu diwarnai masukan dan saran dari sejumlah pihak?


Ketua DPRD Dompu, Andi Bachtiar A.Md, Par 


Ketua DPRD Dompu, Andi Bachtiar A.md Par, pada momentum ini memberikan saran dan masukan yang sangat luar biasa kepada para insan Pers. Salah satunya, peran pers dalam melakukan aktivitasnya di lapangan agar memperhatikan nilai-nilai kerapian dalam berpakaian. "Hal ini bertujuan agar pihak yang menjadi obyek pemberitaan bisa merasa nyaman," ujarnya. 


Selain itu, Pers juga diharapkan menggali informasi dengan baik dan menyajikan pemberitaan yang berimbang. Sebab, apabila berita tidak berimbang tentunya akan menimbulkan berbagai perspektif (penilaian) yang tidak untuk oleh para pembaca (masyarakat). Tidak hanya itu, Pers juga diharapkan untuk tidak menyajikan pemberitaan yang terkesan provokatif, sehingga menimbulkan kegaduhan hingga berujung pada kondisi stabilitas daerah. 


"Pers adalah pilar ke 4 dalam demokrasi. Artinya, peran pers sangat berpengaruh terhadap kondisi baik dan tidak baiknya daerah. Maka itu, kami berharap pers bisa profesional dalam menjalan fungsinya," paparnya.


Diakui Andi Bachtiar A.md Par, selama ini hubungan kemitraannya dengan Pers selalu terjalin dengan baik. Apalagi, peran Pers sangat memberikan kontribusi besar untuk daerah dan masyarakat Dompu. 


"Berkat pers, semua orang termasuk masyarakat mampu mengetahui berbagai informasi melalui pemberitaan. Teruslah berkarya dan memberikan edukasi khususnya kepada masyarakat," tuturnya. 


Lebih jauh Andi Bachtiar A.md Par, mengajak seluruh Insan Pers di Kabupaten Dompu, agar tetap meningkatkan sinergitas, kemitraan dan tali silaturahmi dengan pemerintah khususnya DPRD. "Kami pada intinya tidak pernah anti terhadap kritikan. Tapi kami juga sangat berharap Pers mampu memberikan saran dan masukan melalui pemberitaan," katanya.


Tambah Andi Bachtiar A.md Par, selamat HPN. Semoga Pers terus menunjukan kemajuannya dalam memberikan kontribusi untuk daerah dan masyarakat. "Selamat kepada teman-teman Pers," ucapnya. 


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu, H Khairul Insan, S.E, M.M


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu, H Khairul Insan, S.E, M.M., mengatakan diera digitalisasi ini peran Pers semakin mengalami kemajuan yang sangat pesat. 


"Dulu kita membaca berita lewat media cetak. Tapi sekarang kita bisa membaca berita melalui media online (media elektronik). Ini kemajuan nyata dalam dunia Informasi. Kami sangat mengapresiasi peran Pers," ungkapnya. 


Tidak hanya itu, semenjak hadirnya media online, berita-berita sangat cepat diakses. Bahkan, media ibarat menjual prodak menarik, sehingga harus mampu membuat rasa penasaran pembaca untuk membaca berita yang dipublikasi. "Cara media luar biasa untuk menarik pembaca. Bahkan mampu membuat judul berita semakin menarik sehingga membuat rasa penasaran pembaca untuk membaca berita secara utuh," katanya. 


Pada momentum ini, Ia sangat berharap insan pers (media) mampu menyuguhkan informasi-informasi berita mengenai isu-isu strategis, terutama dalam hal pengawasan pembangunan serta lainnya. "Berita yang memuat hal-hal seperti itu sangat penting dan bermanfaat. Bahkan akan menjadi tolak ukur pemerintah untuk memaksimalkan peran dan fungsi masing-masing," katanya lagi. 


Tidak hanya itu, H Khairul Insan, S.E, M.M., juga berharap pemberitaan yang sifatnya bersambung, tentunya bisa terus berlanjut agar pembaca bisa secara utuh mengetahui lanjutan informasi yang disampaikan pada pemberitaan. "Jadi jangan membuat pembaca menjadi penasaran seperti lanjutan dari informasi yang disampaikan," terangnya. 


Ia pun, sangat mengharapkan peran Pers tidak hanya terfokus atau memberitakan mengenai kegiatan atau OPD yang memiliki anggaran yang besar. Tapi, juga bisa melirik OPD lainnya. "Contohnya, OPD yang saya pimpin. Meski anggaran sedikit, tapi ada banyak keberhasilan program yang kami jalankan," tuturnya. 


Terlepas dari hal itu, pada momentum HPN ini, Pers bisa terus maju dan memberikan kontribusi yang terbaik untuk daerah dan masyarakat. "Selamat HPN. Sehat dan sukses selalu buat rekan-rekan," ucapnya. 


Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Setda Dompu, Drs. Hj Sri Suzana M.Si


Disela waktu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Setda Dompu, Drs. Hj Sri Suzana M.Si, juga mengatakan peran insan Pers khususnya di Kabupaten Dompu, sangat luar biasa dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.


Namun ditengah peran dan fungsi itu, Pers di Kabupaten Dompu perlu mengembangkan ilmu pengetahuan, wawasan dan lainnya. Hal ini, bertujuan agar Pers mampu memaksimalkan perannya dalam dunia informasi. 


"Jujur saja, bagaimana bisa menjawab pertanyaan wartawan jika pertanyaan sulit dimengerti. Bahkan, tentunya akan mempengaruhi jawaban yang kami sampaikan. Maka itu, wartawan harus memahami terlebih dahulu apa yang ditanyakan, termasuk harus mampu menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan benar," ungkapnya. 


Tidak hanya itu, ada juga dalam pemberitaan terjadi kesalahan penulisan, sehingga membuat para pembaca menjadi bingung tentang apa yang disampaikan dalam pemberitaan tersebut. "Ini juga yang sering kami temukan pada saat membaca berita," bebernya. 


Lanjut Drs. Hj Sri Suzana M.Si, pemberitaan juga harus berimbang alias tidak menulis berita secara sepihak. Apalagi, Pers (media) adalah mitra pemerintah yang tentunya ikut mengawal jalannya roda pemerintahan melalui pemberitaan. "Semoga pada momentum HPN ini, Pers semakin terus maju dan mampu meningkatkan kualitas dan profesionalnya dalam menjalankan tugas jurnalistik," ucapnya. 


Kepala Diskominfo Dompu, Abdul Syahid SH 


Disela waktu juga, Kepala Dinas Kominfo (Diskominfo) Kabupaten Dompu, Abdul Syahid SH menyampaikan insan Pers adalah mitra pemerintah yang selama ini sudah banyak memberikan kontribusi bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat, melalui pemberitaan. "Kita harus mampu menghargai peran dan fungsi Pers," ujarnya. 


Para OPD di Kabupaten Dompu, tidak boleh menganggap kehadiran pers tidak baik. Bahkan, dianggap yang bukan-bukan. Padahal, kehadiran mereka mampu memberikan pencerahan demi memaksimalkan peran pemerintah untuk daerah dan masyarakat. "Kalau ada yang takut diwawancarai oleh Pers, itu patut dipertanyakan. Jangan-jangan ada sesuatu," katanya. 


Intinya lanjut Abdul Syahid SH, insan Pers adalah partner pemerintah. Keberadaan mereka sangat menunjang bagi kemajuan daerah. "Makanya kalau kita tidak ingin disorot oleh pemberitaan yang tidak baik, kita harus bekerja dengan baik sesuai aturan dan mekanisme yang ada," tuturnya. 


Terlepas dari hal itu, pada momentum HPN ini, Pers semakin meningkat peran dan fungsinya dalam mengawal roda pemerintahan. "Semoga sinergistas Pers dengan pemerintah terus terjalin dengan baik," tandasnya.


Pemandu acara silaturahmi Pemda Dompu dengan insan Pers (Wakil Ketua PWI NTB/Wartawan Senior H Abdul Muis SH, M.Si)


Pantauan wartawan Topikbidom.com - acara silaturahmi Pemda Dompu dengan insan Pers ini, dipandu secara langsung Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) NTB, H Abdul Muis SH, M.Si (wartawan senior sudah karatan dalam dunia jurnalistik dan pemilik media online lokal Dompubicara.com). 


Sebelum memasuki acara inti, wartawan senior ini, pun mengungkapkan apresiasi atas peran Pemda Dompu yang melaksanakan acara silaturahmi dengan insan Pers. "Ini acara yang luar biasa dan meriah. Bahkan ini kado terindah pada Peringatan HPN Ke-76 tahun," ungkapnya. 


Baca juga: Peringatan HPN di Dompu Diwarnai Bentrok


Masih dalam pantauan wartawan Topikbidom.com, pada acara ini pun juga dihadiri wartawan-wartawan senior yang lama melintang dalam dunia jurnalistik. Bahkan pada kesempatan ini, pemandu acara juga memberikan kesempatan kepada beberapa orang perwakilan media untuk memberikan ungkapan saran dan masukannya. 


Hasilnya, saran dan masukan yang disampaikan para perwakilan media ini, pun sifatnya mengapresiasi Pemda Dompu termasuk saran dan masukan untuk insan Pers yang sebelumnya disampaikan Sekda, Ketua DPRD, Asisten II Setda dan sejumlah pimpinan OPD. 


Tidak hanya itu, suasana acara silaturahmi Pemda Dompu dan Insan Pers, semakin berkah karena doa bersama dipimpin langsung wartawan senior yang juga lama melintang dalam dunia Jurnalistik (Drs. H Muhammad Nasuhi M.Si). RUL