LPKP NTB Gelar Sosialisasi Bahaya Penggunaan Narkoba di SMAN 1 Dompu

Kategori Berita

.

LPKP NTB Gelar Sosialisasi Bahaya Penggunaan Narkoba di SMAN 1 Dompu

Kamis, 01 September 2022
Sosialisasi Bahaya Penggunaan Narkoba di SMAN 1 Dompu

Dompu, Topikbidom.com - Lembaga Pemantau Kebijakan Publik (LPKP) NTB, menggelar sosialisasi tentang bahaya penggunaan Narkoba. Kegiatan ini, guna memberikan edukasi kepada para siswa sekolah agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan Narkoba. 


Kegiatan yang berlangsung di halaman SMAN 1 Dompu, ini dipimpin Ketua LPKP NTB Romo Sultan bersama wartawan senior Iwan Sakral. Hadir juga, Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan ST MT, Kasat Narkoba Polres Dompu Iptu Abdul Malik SH, Kepala SMAN 1 Dompu, perwakilan Kepala Dinkes Dompu, Ribuan siswa dan Siswi SMAN 1 Dompu serta undangan lainnya.




Wakil Bupati (Wabup) Dompu, H Syahrul Parsan ST MT, melalui sambutannya mengatakan para siswa dan siswi adalah generasi muda penerus bangsa yang tentunya harus memiliki semangat belajar untuk meraih cita-cita. 









Semangat dalam menuntut ilmu dalam dunia pendidikan, jangan dicederai oleh hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri, keluarga dan orang lain. "Para generasi muda jangan pernah terjerumus dalam penyalahgunaan Narkoba karena itu akan menghancurkan masa depan," ujarnya. 


Wabup menyebut, generasi muda harus menghindari pergaulan bebas yang tentunya sangat erat dengan perilaku penyalahgunaan Narkoba. Apalagi, saat ini kasus Narkoba masih terjadi di Kabupaten Dompu dan hal itu dibuktikan dengan hasil penangkapan oleh Sat Narkoba Polres Dompu, terhadap para bandar dan pemakai Narkoba. "Narkoba adalah musuh bersama dan sebagai generasi muda, kalian para siswa harus ikut melawan (perang) dengan Narkoba," jelasnya. 


Lanjut Wabup, para siswa dan siswi tetaplah menjadi generasi muda karena ditangan kalian tergenggam semangat luar biasa demi mewujudkan kemajuan daerah khususnya dunia pendidikan. "Jadi lah siswa dan siswi berprestasi dan buatlah pendidikan semakin maju," terangnya. 


Disela waktu, Kasat Narkoba Polres Dompu Iptu Abdul Malik SH, melalui materi yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi menyampaikan, para siswa dan siswi adalah generasi bangsa dan  hindarilah pergaulan bebas. "Yang juga harus dihindari jangan sampai terjerumus dalam penyalahgunaan Narkoba," ujarnya. 


Kalian lanjut Kasat, adalah harapan bangsa yang tentunya harus tetap semangat dalam menuntut ilmu. "Mari ciptakan prestasi dalam dunia pendidikan dan jangan sampai terjerat oleh bahaya Narkoba," jelasnya. 


Ia pun, menjelaskan Narkoba sangat berbahaya dan merusak masa depan. Mari bersama-sama menyatakan melawan Narkoba. Penyalahgunaan Narkoba bisa berurusan dengan hukum, bahkan tentunya akan mendapatkan hukuman penjara. Apabila sudah terjerumus Narkoba, maka sangsi yang akan diterima yakni penjara, rumah sakit jiwa, bahkan mengakibatkan kematian. 

"Hukuman dan sangsi bagi pengguna Narkoba telah diatur dalam undang-undang no.35 tahun 2009. Maka itu, mari kita sama-sama suarakan kepada masyarakat agar tidak terjerumus dalam bahaya Narkoba," ajaknya. 


Sementara itu, Ketua LPKP NTB Romo Sasultan mengatakan,  kegiatan ini sengaja dilaksanakan pihaknya untuk memberikan kesadaran dan masukan kepada generasi muda, khususnya para siswa dan siswi akan bahaya Narkoba. Apalagi, saat ini peredaran Narkoba di Kabupaten Dompu, sangat memprihatikan. "Inilah alasan kenapa kami melaksanakan kegiatan sosialisasi ini dengan mengundang para pihak," jelasnya.


Kata Dia, semua pihak harus terus meningkatkan sosial ke tingkat lapangan tentang bahaya Narkoba. Hal ini, tentunya akan meminimalisir kembali munculnya para pelaku penyalahgunaan Narkoba. "Kalau bukan kita yang berbuat demi mencerdaskan generasi bangsa agar terhindar dari barang haram itu, siapa lagi. Mari kita semangat untuk memberikan edukasi dan masukan kepada masyarakat serta lain-lain," terangnya. 


Ia menegaskan, LPKP NTB sudah sejak dulu menyatakan perang dengan Narkoba, termasuk menurut ruang bagi para pelaku baik itu bandar dan pemakaian untuk mengedarkan barang haram tersebut. "Mari kita lawan Narkoba sampai ke akar-akarnya," ajaknya. 


Pada momentum ini, Ia juga mengapresiasi langkah dan kerja keras Polres Dompu, melalui Satres Narkoba dalam memberantas dan menangkap para pelaku Narkoba. "Tetaplah bekerja keras dalam melawan Narkoba. Kami tetap mendukung secara totalitas Satres Narkoba Polres Dompu, dalam memberantas Narkoba tanpa pandang bulu," tandasnya. 


Pantauan wartawan media ini, tidak hanya sosialisasi, pada momentum kegiatan ini juga dirangkaikan dengan sesi tanya jawab antara siswa dan pemateri. Menariknya lagi, juga dirangkaikan dengan pemberian atau pembagian door prize (bingkisan) kepada para siswa dan siswi. RUL