Pemerintah Pusat dan Daerah Gelontorkan Anggaran Bantu Petani Porang

Kategori Berita

.

Pemerintah Pusat dan Daerah Gelontorkan Anggaran Bantu Petani Porang

Selasa, 27 September 2022
Kabid Tanaman Pangan (TP) Distanbun Dompu, Nurhidayah S.St (Dok: Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Perhatian pemerintah pusat dan daerah untuk alokasikan anggaran memajukan aktivitas penanaman Porang di Kabupaten Dompu, sangat luar biasa. Hal ini, terbukti tahun 2022 ada sejumlah Kelompok Tani (Koptan) Porang terakomodir mendapatkan bantuan. 


Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Dompu, melalui Kabid Tanaman Pangan (TP), Nurhidayah S.St mengatakan, saat ini ada 2 Koptan Porang yang mendapat bantuan anggaran yang bersumber dari APBN tahun 2022. 


Koptan ini, bernama Londo Loa di Desa Kramabura, Kecamatan Dompu dan Bina Tani di Desa Tambora. "2 Koptan ini masing-masing mendapat bantuan anggaran sebesar Rp 56 Juta dengan luas lahan untuk ditanami bibit Porang masing-masing 1 Hektar," jelasnya, Selasa (27/9/2022). 


Anggaran ini, langsung masuk ke masing-masing rekening Koptan dan anggarannya sudah masuk sejak beberapa bulan kemarin. Anggaran itu, pun langsung dipergunakan oleh Koptan untuk membeli bibit Porang. Bibit itu bersumber di wilayah Madium Jawa Timur dengan jumlah sebanyak 22.500 biji katak porang (Bulbil). "Bibit dikirim langsung oleh perusahaan kepada kelompok tani," terangnya. 


Lanjut Nurhidayah, saat ini bibit masih di simpan oleh Koptan sembari menunggu jadwal tanam dan proses pengolahan lahan. "Rencananya akan ditanam bulan Oktober tahun 2022 ini," jelasnya lagi. 


Lalu, bagaimana dengan Koptan Porang lainnya?


Tambah Nurhidayah, ada 4 Koptan Porang dengan jumlah luasan lahan untuk ditanami bibit Porang sebanyak 3,5 Hektare yang terletak di wilayah Kecamatan Pekat, Woja dan Kecamatan Dompu. "Mereka (Koptan) ini mendapat bantuan bibit Porang yang bersumber dari anggaran APBD II tahun 2022.


"Pengadaan bibit Porang ini akan ditangani secara langsung pihak ketiga atau perusahaan yang memenangkan tender pengadaan bibit porang. Bahkan, nanti Koptan tidak hanya mendapatkan bibit orang, tapi juga akan mendapatkan pupuk organik serta kebutuhan lain-lain," tandasnya. RUL