Anggota Dewan Minta Inspektorat Dompu Serius dan Tegas Audit Pengunaan APBD 2022

Kategori Berita

.

Anggota Dewan Minta Inspektorat Dompu Serius dan Tegas Audit Pengunaan APBD 2022

Rabu, 26 Oktober 2022
Anggota Komisi II DPRD Dompu, Yatim alias Gatot (Fraksi Partai Demokrat)

Dompu, Topikbidom.com -  Tugas dan tanggungjawab Inspektorat Kabupaten Dompu, sangat menjamin pencegahan tidak pelanggaran terhadap pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Se-Kabupaten Dompu. 


Maka itu, diharapkan Inspektorat agar serius dalam melakukan audit, baik secara reguler dan khusus tanpa pandang bulu. "Inspektorat harus serius dan tegas dalam melakukan audit penggunaan APBD oleh semua OPD," ungkap anggota Komisi II DPRD Kabupaten Dompu, Yatim alias Gatot (Fraksi Partai Demokrat), pada wartawan Topikbidom.com, Kamis (27/10/2022).


Kata Dia, penggunaan APBD perlu diawasi secara ketat. Khususnya, mengenai program atau kegiatan yang dicanangkan OPD. "Inspektorat jangan hanya terima laporan penggunaan keuangan di atas meja. Ada baiknya turun di lapangan untuk mencari tahu benar dan tidaknya laporan yang diajukan OPD," jelasnya. 


Baca juga: Yatim Ingatkan OPD Hati-hati Gunakan APBD


Lanjut Gatot, jika ditelusuri ada banyak dugaan pelanggaran terhadap item-item yang dibiayai dari APBD tahun 2022 yang nilainya sangat besar. "Ini harus menjadi catatan penting bagi Inspektorat," terangnya. 


Gatot kembali menegaskan, Inspektorat harus tetap semangat dan bekerja keras dalam menjalan tugas serta tanggungjawab. "Langkah ini tentunya akan mampu mencegah terjadinya pelanggaran dalam pengelolaan keuangan daerah," katanya. 


Sementara itu, Inspektur Inspektorat Dompu, yang didatangi wartawan Topikbidom.com, guna untuk dimintai tanggapannya tidak berhasil ditemui, lantaran saat didatangi yang bersangkutan sedang tidak ada di tempat (kantor Inspektorat). "Pak Inspektur sedang tidak ada di kantor, beliau sedang keluar," terang salah satu pegawai di Inspektorat Dompu. RUL