LESHAM NTB Minta KPK dan APH Serius Berantas Korupsi di Dompu

Kategori Berita

.

LESHAM NTB Minta KPK dan APH Serius Berantas Korupsi di Dompu

Selasa, 12 September 2023

 

Ketua LESHAM NTB, Irham Durto SH

Dompu, Topikbidom.com – Perilaku tindak pidana korupsi tidak boleh dibiarkan semakin mengakar dan merajalela. Maka itu, semua pihak harus terus mendukung dan memberikan semangat kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Aparat Penegak Hukum (APH) untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam memberantas praktek korupsi, khususnya di wilayah Kabupaten Dompu 

 

Hal ini, seperti yang diungkapkan Lembaga Studi Penegakan Hukum dan Hak Asasi Manusia (LESHAM) NTB. Melalui pernyataan resminya lewat media ini, LESHAM tidak hanya terus berkomitmen untuk mendukung KPK dan APH dalam memberantas praktek korupsi, tapi juga meminta mereka (KPK dan APH) agar serius menjalankan tugasnya, khususnya memberantas korupsi di daerah.

 

“Kami meminta kepada KPK dan APH serius memberantas tindak pidana korupsi, khususnya di wilayah Kabupaten Dompu,” ungkap Ketua LESHAM NTB, Irham Durto SH didampingi Kabid Investigasi dan Advokasi LESHAM NTB yang biasa disapa dengan panggilan Kalabahi, Selasa (12/9/2023).

 

Kabid Investigasi dan Advokasi Lesham NTB (kiri) dan Ketua Lesham NTB (kanan)


Ia menyebut, di wilayah Kabupaten Dompu ada banyak kasus dugaan korupsi yang masih belum tersentuh. Bahkan, terduga pelakunya tiada lain adalah oknum oknum yang berada dalam pemerintahan. Salah Satunya, penggunaan dana APBD di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Kaitan ini APH perlu terus mendalami penggunaan dana di masing-masing OPD. Kami menduga penggunaanya ada dugaan korupsi khususnya mengenai dana program dan kegiatan,” bebernya.

 

Apalagi sepengetahuan LESHAM NTB, laporan kasus dugaan korupsi APBD Dompu, sudah dilaporkan oleh pihak pelapor KPK. “Kami sebagai putra daerah dan selaku LESHAM NTB sangat mengharapkan KPK benar-benar serius dalam memproses kasus APBD Dompu yang telah dilaporkan itu,” katanya.

 

Lanjut Irham, adanya banyak dugaan korupsi khususnya dalam penggunaan anggaran oleh Pemda termasuk OPD-OPD. Termasuk, mengenai dana program dan kegiatan yang dicanankan pemerintah daerah. “Nah, disini tinggal peran serius APH dalam mendalami penggunaan anggaran daerah,” jelasnya.


LESHAM NTB Minta KPK dalami dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa, bahkan dugaan korupsi melalui Fee Proyek?

 

Pada kesempatan ini, LESHAM NTB juga meminta kepada KPK, agar mendalami terkait dugaan korupsi di bidang pengadaan barang dan jasa di wilayah Kabupaten Dompu. Sebab, di bidang ini LESHAM NTB menduga ada aroma dugaan korupsi, khususnya dalam bentuk Fee Proyek dan lainnya. “Inilah harapan kami kepada KPK. Sebab, kami menduga para pelaku dugaan korupsi melibatkan orang – orang (petinggi petinggi, Red) di Dompu,” terangnya.

 

Lebih jauh, LESHAM NTB menegaskan pihaknya akan tetap dan terus berkomitmen dalam mendukung kinerja KPK dan APH. “Kami juga siap membantu melakukan investigasi dan pendalaman serta memberikan data terkait dugaan korupsi di Dompu,” tandasnya. RUL