STKIP Yapis Dompu Perguruan Tinggi Terbaik

Kategori Berita

.

STKIP Yapis Dompu Perguruan Tinggi Terbaik

Minggu, 17 September 2023

Sertifikat Akreditasi

 

Dompu, Topikbidom.com - Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yapis Dompu dikukuhkan sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia. Hal ini berdasarkan penetapan Majelis Akreditas Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Republik Indonesia, tertanggal 29 Agustus 2023 yang menetapkan Akreditasi Kampus STKIP YAPIS Dompu dengan Status Baik Sekali.

 

Ketua Ketua STKIP Yapis Dompu, Dr. Dodo Kurniawan, SE, ME, membenarkan STKIP Yapis Dompu dikukuhkan sebagai perguruan tinggi terbaik oleh BAN-PT RI. “Penetapan akreditasi ini adalah Hasil Singkronisasi data Asesmen Kecukupan (AK) dengan Kegiatan Asesmen Lapangan (AL) yang dilakukan oleh BAN-PT pada tanggal 24-26 Agustus 2023,’ ungkapnya dilangsir dari laman Tamborapost.com.

 

Ia, pun menjelaskan terdapat 4 orang melakukan Asesmen Lapangan, yang terdiri 3 Asesor yakni Dr. Muhamad Rohmadi, S.S., M.Hum, Dr. Nihta Liando, MA. Dan Prof. Anam Sutopo, M.Hum. Dan satu orang dari BAN-PT yakni Qadar Burhanuddin, S.Pt.

 

Ini Penjelasan tentang STKIP Yapis Dompu?

 

STKIP Yapis Dompu adalah salah satu perguruan tinggi di wilayah Nusa Tenggara Barat yang memperoleh SK Ijin Operasional dari Dikti dengan Nomor 05/D/O/2009 pada tanggal 19/02/2009 dengan dua program studi awal yaitu pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dengan nomor SK Penyelenggaraan 9410/D/T/K-VIII/2011 tanggal 31/10/2011, dan Pendidikan Sejarah (PSJ) dengan nomor SK Penyelenggaraan 7440/D/T/K- VIII/2011 tanggal 20/06/2011, dan Disusul oleh program studi baru pendidikan Bahasa Inggris (PBING), Program studi pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), dan yang terakhir adalah pendidikan Teknologi Informasi (PTI), Jadi Total ada 6 program studi yang terselenggara dilingkup STKIP Yapis Dompu, dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Dompu yang memperoleh SK Pengesahan dari Menkumham dengan nomor AHU-3283.AH.01.04.Tahun 2010.

 

“Visi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yapis Dompu yaitu, Menjadi Perguruan Tinggi Keguruan yang Unggul, Berwawasan Keislaman dan Berdaya Saing Nasional di Tahun 2027,” ungkapnya lagi.

 

Diakui, Dodo untuk mewujudkan Visi itu pihak kampus terus melakukan evaluasi diri yang dilaksanakan berdasarkan standar ketercapaian VMTS STKIP Yapis Dompu, Tata pamong, tata Kelola, dan Kerjasama, layanan kemahasiswaan, efektifitas Sumber Daya Manusi (SDM) dosen dan tenaga kependidikan.

 

Kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi serta luaran dari kegiatan Tri Dharma dilakukan dengan berbabai upaya, seperti peningkatan Peringkat akreditasi STKIP yapis Dompu, peningkatan peringkat akreditasi tergantung pada peringkat akreditasi program studi yaitu berada pada peringkat “Baik” untuk lima program studi, dan hanya program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang memperoleh peringkat “Sangat Baik”.

 

Proses penjaminan mutu terus dilakukan melalui kegiatan monev internal dan eksternal kegiatan Tri Dharma Perguruan tingi, pengajaran, penelitian, dan PkM yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa, AUDIT mutu internal program studi juga terus dilaksanakan setiap tahun untuk menjamin tercapainya VMTS yang telah ditetapkan oelh STKIP yapis Dompu, hasil kegiatan penjaminan mutu melalui siklus PPEPP oleh LPM akan dijadikan dasar dalam menyusun rencana pengembangan kegiatan Tri Dharma tahun berikutnya.

 

STKIP YAPIS Dompu terus melakukan peningkatan standar kualitas mahasiswa baru, ketepatan masa studi, peningkatan IPK, lowongan kerja serta pembinaan alumni, dengan strategi meningkatkan efektifitas kegiatan tracer study, pengembangan dan penggunaan sistim informasi penerimaan mahasiswa baru agar kegiatan penjaminan mutu mahasiswa baru bisa menjamin kualitas input mahasiswa menjadi lebih baik, masa studi mahasiswa melebihi standar dan salah satu faktornya adalah keuangan mahasiswa sehingga perlu peningkatan jumlah beasiswa bantuan studi maupun bantuan beasiswa tugas akhir.

 

Membentuk SDM yang handal melalui pengembangan budaya akademik, serta keikutsertaan dosen dan tenaga kependidikan dalam kegiatan ilmiah penunjang TRI Dharma perguruan tinggi. Semakin meningkat, perolehan hibah penelitian dan PkM, jumlah dosen yang sertifikasi, jumlah dosen yang berkualifikasi doktor serta memperoleh beasiswa studi lanjut meningkat setiap tahunnya.

 

Pengembangan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia kerja terkini seperti pelibatan alumni dan stakeholder pada kegiatan evaluasi kurikulum program studi. Dan melibatkan beberapa pengguna lulusan dan alumni untuk ikut serta dalam kegiatan evaluasi kurikulum.

 

Upaya menghasilkan lulusan yang berkualitas, menguasai teknologi informasi, mampu berpikir logis, kritis, dan kreatif, memiliki jiwa berwirausaha, berwawasan islami, serta mampu menjadi contoh yang baik bagi masyarakat antara lain, kegiatan soft skill, pelatihan bahasa inggris, bahasa arab, serta kursus komputer rutin dilaksanakan minimal satu kali setiap akhir semester.

 

“Menjamin tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, serta mampu memanfaatkan teknologi informasi yaitu penambahan dan perawatan sarana dan prasarana perlu dilaksanakan, termasuk di antaranya adala fasilitas ruang ber AC, fasilitas laboratorium Micro teaching masih menggunakan AULA,” ungkapnya.

 

Upaya Penjaminan penambahan jumlah luaran hasil penelitian dan PkM dosen dan mahasiswa yang dipergunakan oleh masyarakat dapat dilaksanakan dengan mendorong dosen dan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ilmiah atau seminar terkait strategi mendapatkan hibah dalam dan luar negeri, menyusun artikel ilmiah, serta melaksanakan kegiatan kolaborasi penelitian dan PkM sebagai tindak lanjut kegiatan MoU atau PKS.

 

Menjamin peningkatan jumlah jumlah kerjasama atau MoU serta terlaksananya aspek-aspek yang menjadi kesepakatan bersama terutama pada bidang pendidikan kolaborasi, penelitian kolaborasi dan PkM kolaborasi baik dengan pemerintah, institusi pemerintah, dunia usaha, dunia industri, perguruan tinggi negeri maupun swasta, yang bertaraf lokal, nasional, maupun internasional.

 

“Tentu, selain itu adalah Kekompakan Tim dan Suport dari Yayasan terus menerus memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada Pimpinan yang melakukan Pembenahan secara terus menerus dan Peningkatan Kualitas Tridharma secara simultan,” ujarnya. (*)