Bappeda dan Litbang Dompu Gelar Musrenbang 2024

Kategori Berita

.

Bappeda dan Litbang Dompu Gelar Musrenbang 2024

Minggu, 17 Maret 2024


 

Dompu, Topikbidom.com - Musyawarah Perencanaan Pembangunan 2024 Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Dompu Tahun 2025 dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati  H. Syahrul Parsan, ST., MT.

 

Wakil Bupati Dompu Bpk. H. Syahrul Parsan, ST., MT dalam sambutannya menyampaikan Musrenbang merupakan Perencanaan dengan pendekatan Partipatif yang dilaksanakan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, ini dimaksudkan untuk membangkitkan rasa memiliki terhadap hasil-hasil pembangunan, Disisi lain Musrenbang juga merupakan wahana strategis bagi para pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan 3 (tiga) Pilar pembangunan yaitu Pemerintah Daerah, Masyarakat dan Swasta/Dunia Usaha.

 



Wakil Bupati Dompu menambahkan, Pada dasarnya keluaran Musrenbang akan menjadi masukan yang sangat penting dalam rangka perumusan dan penyempurnaan RKPD Kabupaten Dompu Tahun 2025, yang selanjutnya akan dijadikan acuan/pedoman dalam menyusun anggaran 2025. Disamping itu, Musrenbang merupakan momentum penting untuk menyatukan pola pikir/aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembangunan serta mengintegrasikannya dengan berbagai bidang urusan pemerintahan.

 

Selain itu, kualitas dan keterpaduan perencanaan sangat menentukan capaian kinerja pembangunan. UU Nomor 5 Tahun 2004 ttg Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN)  mencerminkan komitmen pemerintah akan pentingnya proses perencanaan sebagai pedoman/rujukan dalam pelaksanaan pembangunan. Demikian juga Pemkab Dompu sangat menyadari akan pentingnya kualitas perencanaan, karena tidak dapat dipungkiri bahwa tingkat capaian kinerja (keberhasilan) pembangunan sangat ditentukan oleh kualitas perencanaan itu sendiri.

 

Untuk itu, Pemerintah berkomitmen untuk selalu mengedepankan hasil-hasil rumusan perencanaan pembangunan dalam menyusun rancangan APBD Kabupaten Dompu, “Kepada seluruh kepala Perangkat Daerah (PD) agar betul-betul memperhatikan hasil Musrenbang dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran pada unit kerja yang dipimpin.”pintanya (RUL/advertorial)