Pemda Dompu Safari Ramadhan Pertama di Pekat

Kategori Berita


.

Pemda Dompu Safari Ramadhan Pertama di Pekat

Kamis, 28 Maret 2024
Wabup Dompu, didampingi Dandim 1614/Dompu dan Sekda Dompu, saat menyerahkan bantuan 


Dompu, Topikbidom.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Dompu, Jumat (22/3/2024) melakukan safari Ramadhan di wilayah Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu. Safari Ramadhan ini dilakukan dalam rangka silaturahmi dengan masyarakat.

 

Safari Ramadhan yang berlangsung di Masjid Fastabiqul Khairat Desa Calabai, ini dipimpin Waki Bupati (Wabup) Dompu didampingi Dandim 1614/Dompu, Sekda, Pimpinan Perangkat Daerah, Ketua MUI, Ketua GOW, Unsur Muspika Kecamatan Pekat, Pengurus PKK Kecamatan Pekat, Kepala Desa Se Kecamatan Pekat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

 

Wakil Bupati (Wabup) Dompu, H Syahrul Parsan ST MT, melalui sambutannya pada kegiatan Safari Ramadhan mengatakan, bulan ramadhan menjadi momentum yang istimewa dan memiliki nilai-nilai keutamaan dan memberi peluang dan kesempatan berharga bagi semuanya khususnya umat Islam untuk meningkatkan keimanan, menumbuhkan kejujuran, keikhlasan dan kepedulian sosial.

 

“Ibadah puasa juga akan mendidik dan melatih kita menjadi insan yang sabar, dan hendaknya ujian  kesabaran  selama  berpuasa itu benar-benar dapat terbentuk selama dan setelah bulan Ramadhan berlangsung,” ujarnya.

 

Pada momentum ini, pun Wabup juga mengingatkan kembali tentang Surat Edaran Bupati Dompu, tentang pemberlakuan jam malam bagi anak. “Meskipun akhir-akhir ini tren kenakalan remaja naik turun, akan tetapi selaku orang tua harus tetap waspada dan sigap melindungi dan membentengi anak-anak kita,” sarannya.

 

Selain itu, Wabup juga mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kepedulian sosial selama Ramadhan. “Sebagai umat Islam agar tidak lupa untuk membayar kewajiban zakat fitrah. Zakat fitrah ditunaikan sebagai syarat diterimanya puasa Ramadhan oleh Allah SWT,” jelasnya.

 

Sementara itu, Camat Pekat Nuraini, S.Pd, pada kesempatan ini menyampaikan merasa haru, bangga dan bahagia karena Kecamatan pekat menjadi kecamatan pertama menjadi tempat safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Dompu. Ia, menjelaskan Fastabikul Khairat, merupakan mesjid raya Kecamatan Pekat, selama 40 tahun didirikan belum sama sekali dilakukan perbaikan dan Renovasi.

 

“Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Dompu datang membawa bantuan untuk perbaikan mesjid, tentunya kami akan memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Bantuan yang diberikan kami anggarkan untuk meronvasi mesjid demi kenyamanan jamaah dalam beribadah,” terangnya.

 

Sebagaimana diketahui, Pemda Dompu, selain melakukan safari Ramadhan, juga memberikan bantuan kepada warga masyarakat, selain bantuan untuk mesjid senilai 50 juta, juga berupa sarana dan prasana kebutuhan nelayan, Sanitasi WC dan jaringan perpipaan, bantuan yang bersumber dari DBHCHT berupa mesin penunjang pertanian serta perlangkapan shalat berupa mukena dan baju koko. (adv)