Pemerintah Komit Wujudkan Dompu Mashur

Kategori Berita

.

Pemerintah Komit Wujudkan Dompu Mashur

Minggu, 17 Maret 2024


 

Dompu, Topikbidom.com - Pemerintah Kabupaten Dompu berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat Dompu yang Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius) seperti yang tertuang dalam Visi Kabupaten Dompu Thn. 2021 – 2026.

 

Pertumbuhan ekonomi tahun 2023 yang dirilis oleh BPS tercatat sebesar 3,17, meskipun meningkat hanya 0,22 dari tahun 2022 yang sebesar 2,95, namun hal ini menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi selama tahun 2023 tumbuh lebih baik sejak tahun 2021 dimana pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi minus 3,21.

 

Syahrul Parsan, ST.,MT juga menyampaikan, Tahun 2025 merupakan tahun yang penting dan krusial bagi pembangunan daerah maupun nasional, dan ini merupakan tahun pertama pelaksanaan RPJPD 2025 – 2045, disamping itu juga, tahun 2025 merupakan tahun pertama pelaksanaan RPJMD 2025 – 2030, sehingga tahun 2025 merupakan jembatan untuk menjaga kesinambungan pembangunan agar tercapai Visi Nasional Indonesia Emas 2045, NTB Emas 2045 dan Dompu Emas 2045.

 

Dalam upaya mencapai Visi RPJPD tersebut, pemerintah Kabupaten Dompu perlu melakukan Langkah-langkah yang strategis untuk menumbuhkan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan dalam mewujudkan pembangunan manusia yang berkualitas.

 

Pertumbuhan yang inklusif tersebut menurutnya, tidak hanya menciptakan peluang ekonomi baru tetapi juga memastikan kesempatan yang sama pada semua lapisan masyarakat khususnya masyarakat miskin, hal ini tidak mungkin dilakukan oleh pemerintah saja namun diperlukan partisipasi bagi semua pihak agar turut andil dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang akseleratif sehingga ketika perekonomian tumbuh dengan baik, maka kemiskinan, ketimpangan dan pengangguran akan menurun.

 

Hal ini senada dengan kebijakan pemerintah pusat, dimana pada rancangan awal RKP Tahun 2025 mengusung Tema Pembangunan Pertumbuhan Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan.

 

Untuk itu, saya berharap kepada pimpinan PD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Dompu untuk menyusun rencana program dan kegiatan yang sesuai dengan tujuan pembangunan daerah dan harus termuat dalam dokumen RKPD, melakukan sinkronisasi dengan agenda pembangunan nasional dan agenda pembangunan provinsi NTB agar terjadi keselarasan program kegiatan pembangunan daerah dan nasional.

 

Kepala Bappeda & Litbang Kabupaten Dompu Bpk. Drs. H. Gaziamansyuri, M. Ap


Sementara itu, Kepala Bappeda & Litbang Kabupaten Dompu Bpk. Drs. H. Gaziamansyuri, M. Ap dalam laporannya menyampaikan Musrenbang Kabupaten Dompu Tahun 2024 diselenggarakan secara Offline dan Online melalui Streming YouTube dan Zoom Meeting.

 

Kepala Bappeda & Litbang juga menyampaikan penyelenggaraan Musrenbang Kabupaten Dompu Tahun 2024 dilaksanakan berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 ttg Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional; Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 ttg Pemerintahan Daerah; Permendagri Nomor 86 Tahun 2017; dan Perda Kabupaten Dompu Nomor 2 Tahun 2021 ttg RPJMD Kabupaten Dompu 2021 – 2026.

 

Adapun tujuannya adalah untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Dompu Tahun 2025, dan diharapkan dapat menyepakati Isu strategis/permasalahan pembangunan; prioritas pembangunan daerah; program dan kegiatan beserta pagu indikatif, indikator dan target kerja.

 

Sementara keluaran yang di harapan adalah Penetapan arah kebijakan, prioritas program dan kegiatan pembangunan dan plafon/pagu dana indikatif berdasarkan bidang kewenangan atau fungsi SKPD; Daftar pembiayaan dari APBD Kabupaten Dompu; dan Daftar usulan kegiatan pada tingkat Pemkab.

 

Pada kesempatan itu juga, Kepala Bappeda & Litbang menyampaikan, pada Tahun 2025 Pemkab Dompu  menetapkan angka sementara target pembangunan Daerah yaitu sbb. :

 

-Pertumbuhan ekonomi ditargetkan mencapai 4,5 – 5; -Angka kemiskinan ditargetkan menurun menjadi 11,8 12,1; -Pendapatan per kapita ditargetkan sebesar 36,6 -28,8 juta; -Tingkat pengangguran terbuka ditargetkan menurun menjadi 1,9 2,1; -IPM ditargetkan meningkat 72,5 73 poin; -Adapun rasio gini atau tingkat ketimpangan ditargetkan menjadi 0,30 0,31.

 

Selain itu, Proyek strategis yang direncanakan pada Tahun 2025 antara lain :– Pembangunan Ruang Terbuka Publik (RTP) dan penataan RTP Karijawa; – Pembangunan Pusat UMKM di Simpasai; dan – Pembangunan Gedung Klaster Hijau di Monta.

 

Selain beberapa proyek yang bersifat strategis diatas, Kepala Bappeda & Litbang Kabupaten Dompu juga menyampaikan Pemkab Dompu tetap akan mengalokasikan anggaran untuk peningkatan kapasitas SDM berupa Bimtek berbasis kompetensi, penanganan stunting serta pengentasan kemiskinan ekstrem. (Rul/advertorial)