Rancangan Awal RPJPD Tahun 2025-2045, Ini Penjelasan Wabup

Kategori Berita

.

Rancangan Awal RPJPD Tahun 2025-2045, Ini Penjelasan Wabup

Jumat, 01 Maret 2024
Wabup Dompu H Syahrul Parsan ST MT


Dompu, Topikbidom.com – Wakil Bupati (Wabup) Dompu H Syahrul Parsan ST MT, Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD merupakan agenda penting 20 tahunan. Tujuannya, untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan terhadap rancangan awal RPJPD Kabupaten Dompu Tahun 2025-2045.

 

Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini terasa spesial karena periode perencanaan pembangunan di indonesia berupa rencana pembangunan jangka panjang daerah (rpjpd tahun 2025-2045) disusun bersamaan dengan rencana pembangunan tahunan (rkpd tahun 2025) dan rancangan teknokrat rencana pembangunan jangka menengah daerah 5 tahunan (rpjmd tahun 2025-2030). Hal ini sebagai Implikasi Ketentuan Pemerintah Pusat dengan diselenggarakannya Pemilu Presiden dan Wakil Presiden secara serentak, diikuti dengan Pemilihan DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, serta DPRD Kabupaten/Kota, dan juga Gubernur/Wakil Gubernur serta Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Wali kota.

 

RPJPD merupakan penjabaran dari Visi dan Misi, Arah Kebijakan, dan Sasaran Pokok Pembangunan Daerah Jangka Panjang untuk 20 (dua puluh) tahun yang disusun berpedoman pada RPJPN dan RTW. RPJPD diarahkan sebagai upaya mendukung pencapaian tujuan pembangunan nasional dalam mewujudkan kesejahteraan masarakat yang berkeadilan dengan menempatkan manusia sebagai objek dan subjek pembangunan.

 

“Penyusunan RPJPD Kabupaten Dompu tahun 2025-2045 harus lebih cermat dan terintegratif, serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat dompu secara tepat dan strategis,” ujar Wabup, saat memimpin Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD, Senin (5/2/2024).

 

Pada momentum ini, Wabup juga berharap konsultasi publik ini menjadi media pembentukan komitmen seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan serta pengawasan. Forum ini merupakan forum diskusi antara berbagai pemangku kepentingan dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah dan melalui forum ini diharapkan mendapat masukan dan saran positif serta konstruktif dari peserta forum sebagai penyempurnaan rancangan awal rpjpd kabupaten dompu tahun 2025-2045 guna menjawab berbagai isu strategis untuk mewujudkan Kabupaten Dompu yang maju, berdaya saing dan berkelanjutan di tahun 2045. Hasil dari Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD ini mampu mensinergikan berbagai arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan dengan memprioritaskan kebutuhan masyarakat serta pendukung suksesnya pembangunan di kabupaten dompu untuk 20 tahun yang akan datang.

 

“kepada peserta forum terutama pimpinan perangkat daerah dan para camat untuk menghadiri dan berpartisipasi dalam Penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 dan 7 Februari tahun 2024 pada setiap Kecamatan,” jelasnya.

 

Tambah Wabup, proses Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Dompu Tahun 2025-2045 ini dapat berjalan dengan baik serta lancar. “Saya nyatakan membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Dompu Tahun 2025-2045. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing dan meridhoi setiap upaya dan langkah kita dalam membangun Kabupaten Dompu yang lebih baik,” tandasnya. Rul/Advertorial