Ekonomi Naik, Sektor Pertanian Dominan Dalam Pembentukan PDRB

Kategori Berita

.

Ekonomi Naik, Sektor Pertanian Dominan Dalam Pembentukan PDRB

Kamis, 02 Mei 2024
Ilustrasi Hasil Pertanian


Dompu, Topikbidom.com - Keber­hasi­lan H. Kader Jae­lani dan H. Syahrul Parsan, ST, MT (AKJ-SYAH) dalam me­mimpin Bumi Nggahi Rawi Pahu tidak diragukan lagi. Meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi menjadi bukti nyata bahwa AKJ-SYAH banyak berbuat untuk kemak­muran masyarakat dan daerah.

 

Sejak dilantik pada tanggal 26 Februari 2021 kepemimpinan H. Kader Jaelani dan H. Syahrul Parsan, ST, MT  langsung dihadap­kan dengan sebuah tantangan besar. Per­masa­lahan yang terjadi secara global. Per­soalan yang mem­pengaruhi segala sektor kehidupan. Yakni bencana non alam Covid-19. Awal  kepemimpinan AKJ-Syah Badan Pusat Statistik mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi Ka­bupaten Dompu berada di angka 1,68 persen. Angka ini jauh menurun sebelum Covid-19 menyerang sendi-sendi kehidupan.

 

Kerja keras perjuangan tanpa lelah yang Laju pertumbuhan ekonomi Kabu­paten Dompu terus menun­jukan trend pertumbuhan ekonomi yg positif. Ditengah meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Dompu, rupa­nya Sektor pertanian ber­kontribusi sangat dominan dalam pembentuk PDRB lapangan usaha di Dompu.

 

Dimana pelaku rumah tangga usaha sektor pertanian masih di dominasi oleh pelaku usaha rumah tanggga pada subsektor tanaman pangan. Dan jumlah pelaku usaha rumah tangga pertanian tersebut dominan berdomisili di kecamatan woja. “Ini menjadi capaian yang luar biasa dan akan terus ditingkatkan,” terang Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Dompu. (Advertorial)