Disnakwan Dompu Berhasil Penuhi 11 Ribu Kouta Pengiriman Ternak Sapi

Kategori Berita


.

Disnakwan Dompu Berhasil Penuhi 11 Ribu Kouta Pengiriman Ternak Sapi

Kamis, 11 Juli 2024
Kepala Dinas (Kadis) Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakwan) Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh SE, M.Si


Dompu, Topikbidom.com - Dinas Peternakan dan Kesehatan,(Disnakwan) Kabupaten Dompu, dibawa kendali Muhammad Abduh SE, M.Si (Kepala Disnakwan Dompu) berhasil memenuhi kuota 11 ribu pengiriman hewan ternak (Sapi) Tahun 2024. 


Ternak sapi yang dikirim menggunakan tol laut dan mobil tronton ini, dikirim ke wilayah DKI Jakarta, Kalimantan Tengah dan Selatan serta Sulawesi. 


Kepala Dinas (Kadis) Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakwan) Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh SE, M.Si, mengatakan kouta pengiriman hewan ternak untuk Kabupaten Dompu sebanyak 11 ribu. 


"Alhamdulillah, kuota pengirim hewan ternak ke luar daerah mampu kita penuhi sesuai dengan target," ujarnya, pada media ini, Kamis (11/7/2024). 


Sapi sapi itu kata Dia, di kirim menggunakan tol laut dan mobil tronton ke wilayah DKI Jakarta, Kalimantan Tengah dan Selatan serta Sulawesi. "Itulah wilayah menjadi titik sasaran pengiriman ternak sapi," jelasnya. 


Apa yang dicapai tahun ini, tentunya melebih target dalam RPJMD sesuai dengan program Jara Pasaka. "Alhamdulillah, kita melebihi apa yang ditargetkan sebelumnya. Kenaikan kouta pengiriman ternak 11 ribu tahun 2024 ini karena adanya peningkatan populasi ternak," terangnya. 


Perusahaan mana yang dipercaya untuk melakukan pengiriman ternak keluar daerah?


Tambah Kadis, itu adalah perusahaan lokal di Dompu. Mengenai besaran biaya untuk mengirim ternak, itu sebesar Rp.75 ribu per-ekor. "Artinya, perusahaan ini membayar secara langsung ke Bendahara penerima (bendahara PAD Disnakwan Dompu)," jelasnya lagi. 


Perlu diketahui juga sambung Kadis, Disnakwan Dompu banyak dilirik oleh daerah - daerah lain, pasca penandatanganan kerjasama  antara Pemda (Disnakwan) Dompu dengan Dinas Pertanian Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah. 


"Kerjasama ini terkait pengadaan bibit ternak Sapi Tahun 2024. Penandatanganan kerjasama, itu berlangsung di kantor Pemda (Bupati) Dompu dan disaksikan secara langsung Wakil Bupati Dompu," tandasnya. RUL