KONI Dompu Lepas 20 Atlet PON Aceh Sumut 2024

Kategori Berita

.

KONI Dompu Lepas 20 Atlet PON Aceh Sumut 2024

Jumat, 23 Agustus 2024

 

Pelepasan keberangkatan Atlet Dompu menuju PON Aceh Sumut Tahun 2024


Mataram, Topikbidom.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Dompu, Selasa (20/8/2024) melepas secara simbolis keberangkatan 20 orang Atlet dan 6 pelatih asal Kabupaten Dompu. 


Para atlet terbaik Bumi Nggahi Rawi Pahu yang akan berlaga di Aceh Sumut Tahun 2024, ini dilepas secara langsung Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Dompu, Kisman Pangeran SH di lokasi gedung Pemusatan pelatihan Atlet daerah (Pelatda) NTB di Mataram. 


Pelepasan para atlet ini, pun Ketua KONI Dompu, didampingi Sekretaris Umum, Syaiful Amir, SH., M.Kn dan Wakil Ketua Bimbingan Prestasi (Bimpres) Iwan Ermansyah, M.Pd. KONI adalah rumah besar bagi Cabang Olahraga (Cabor) dan para Atlet dalam hal pembinaan prestasi Cabor dan Atlet. Namun yang memiliki peranan paing penting dalam peningkatan prestasi dan atlet adalah Organisasi Cabor dan Pelatih. 


“KONI hanya rumah besarnya saja yang menampung seluruh Cabor dan Atlet. Bicara peningkatan prestasi, ujung tombaknya ada pada Cabor dan pelatih,” ungkap Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Dompu, Kisman Pangeran SH. 








Kisman, juga meminta para atlet tetap fokus pada latihan dan pertandingan yang akan dihadapi pada ajang PON. “Tidak usah banyak memikirkan hal lain diluar PON, saya minta semua Atlet agar tetap fokus pada latihan," sarannya. 


Selain itu, Ia juga meminta Atlet  terus fokus pada instruksi yang diberikan oleh pelatihnya masing-masing.“Hargai, taati setiap instruksi pelatih masing-masing,” jelasnya. 


Saa ini, Pemerintah, Masyarakat dan seluruh jajaran KONI Dompu, mendoakan dan menaruh harapan kepada para atlet kebanggan yang akan berlaga pada PON Aceh-Sumut 2024. "Semua mendoakan Atlet, semoga bisa membawa pulang mendali emas yang akan jadi kebanggan," terangnya. 


Sebagaimana diketahui, dalam PON Aceh-Sumut 2024 ini, KONI NTB menarget peroleh 20 medali emas. Maka itu, melalui kesempatan ini Kisman berharap, dari 20 medali emas yang ditargetkan itu, Atlet asal Dompu menjadi penyumbang emas terbanyak. "Hal itulah yang membuat kita bangga dan pulang dengan kepala tegak,” tuturnya. 


KONI Dompu Serahkan Dana Dukungan?


Selain melakukan pelepasan secara simbolis, KONI Dompu, juga menyerahkan dana dukungan kepada 22 orang atlet dan 6 orang pelatih asal Dompu, terdiri dari 4 orang atlet Tarung Drajad, 2 Atlet Kempo, 2 Atlet Anggar, 2 Atlet bulutangkis, 2 atlet panahan, 2 atlet sepatu roda, 2 atlet Muatay, 1 atlet Atletik, 1 atlet Selancar, 1 atlet kickboxing dan 1 atlet kabadi.







Pemberian dana dukungan kepada para atlet dan pelatih, adalah satu bentuk perhatian pemerintah dan KONI Dompu kepada perjuangan para atlet dan pelatih adalah upaya mengharumkan nama daerah Kabupaten Dompu di kancah Nasional.


“Dana yang diserahkan, saya sadari jumlahnya tidak seberapa, tapi jangan lihat dari nilai, namun itu adalah satu bentuk perhatian KONI dan pemerintah kepada para atlet dan pelatih,” jelasnya lagi. 


Kedepannya, para pelaku olahraga yang ada di Dompu, dapat terus meningkatkan prestasi dan kinerjanya agar target-target prestasi yang diharapkan dapat tercapai. Menurutnya, target capai prestasi yang telah ditancapkan oleh Ketua KONI sebelumnya H Kader Jaelani terlampau tinggi. 


Pada PORPROV 2023 lalu, Kabupaten Dompu meraih juara umum 2 dari 10 kota/kabupaten yang ada di NTB dengan perolehan 42 medaIi emas, 54 perak dan 61 medali perunggu. Torehan prestasi yang ditinggalkan oleh ketua KONI sebelumnya terlampau tinggi, hal ini menjadi beban berat bagi dirinya selaku Ketua KONI Dompu yang baru. 


"Kayaknya berat bagi kita untuk merah juara umum 1 pada PORPROV 2026 akan datang. Target kita tidak muluk-muluk, bertahan di juara 2 umum dan menambah jumlah perolehan medali adalah target yang cukup realistis bagi kita,” kata Kisman. 


Namun, dirinya tidak menyangkal, bukanlah hal yang mustahil dalam PORPROV 2026 Dompu meraih juara umum 1 bila seluruh instrumen dan infrastruktur yang dibutuhkan dapat terpenuhi. Misalnya, dalam hal ketersediaan anggaran. "Kalau dukungan anggaran, infrastruktur pelatihan dan pendukung lainnya bisa dipenuhi, saya rasa kita bisa juara," terangnya lagi. 


Lebih jauh, Kisman juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Dompu, untuk ikut mendoakan para Atlet dan pelatih yang akan berlaga pada ajang PON Aceh-Sumut 2024 bisa merah kemenangan dan pulang dengan kepada tegak dan merah medali emas. "Ini yang sama sama kita harapkan," tandasnya. RUL/ADVERTORIAL