Warga di Desa Matua Perbaiki Jalan Rusak secara Swadaya

Kategori Berita

.

Warga di Desa Matua Perbaiki Jalan Rusak secara Swadaya

Rabu, 09 Oktober 2024
Inilah aktivitas warga Desa Matua, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, saat memperbaiki jalan rusak dan berlubang 


Dompu, Topikbidom.com - Sejumlah warga di Desa Matua, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, bersama Bhabinkamtibmas Desa Matua, belum lama ini melakukan aktivitas perbaikan jalan secara swadaya alias tanpa adanya dukungan pemerintah. 


Kondisi jalan di areal persawahan Desa Matua, yang sudah beberapa tahun berlubang ini, diperbaiki guna mengantisipasi adanya kecelakaan lalulintas dan lainnya. Perbaikan jalan ini, pun dilakukan dengan cara memasukan kerikil dan tanah di beberapa jalan berlubang. 


"Iya, benar. Kami melakukan perbaikan jalan berlubang itu secara swadaya untuk antisipasi terjadi kecelakaan dan lain lain," ujar salah satu warga Desa setempat, saat dikonfirmasi media ini, Rabu (09/10/2924).


Ia, menyebut jalan ini sudah sejak lama rusak dan berlubang. Tapi, sayangnya tidak ada perhatian serius dari pemerintah. Padahal, akses jalan setiap hari dilalui kendaraan roda dua dan roda empat (motor dan mobil). "Dari pada menunggu respon pemerintah, mending kami kerjakan sendiri saja," jelasnya. 


Lantas, dari mana sumber material krikil dan tanah untuk memperbaiki jalan berlubang tersebut?


Kata Dia, material itu diperoleh secara swadaya tanpa ada dukungan dari pemerintah. Perkejaan ini, pun dilakukan diwaktu senggang (hari hari libur). 


"Kalau ada waktu senggang, kami tetap memperbaiki jalan itu dengan cara memasukan kerikil dan tanah di jalan yang berlubang. Ini bentuk kepedulian kami selaku warga Desa Matua," terangnya. 




Semoga kedepan, apa yang dilakukan warga Desa Matua, ini bisa menggugah nurani dan keperdulian pemerintah untuk memperbaiki jalan yang berlubang di wilayah Desa setempat. "Inilah harapan besar kami terhadap pemerintah," tandasnya. RUL