DPRD Dompu Tindaklanjuti Keluhan Nakes Mengenai Dana Insentif Covid-19

Kategori Berita

.

DPRD Dompu Tindaklanjuti Keluhan Nakes Mengenai Dana Insentif Covid-19

Kamis, 25 Maret 2021

 

Ketua Komisi III DPRD Dompu, Ismul Rahmadin S.Pdi (ist/Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Komisi II I DPRD Dompu, belum lama ini menerima keluhan dari para Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Dompu. Keluhan ini, mengenai belum dibayarnya insentif Covid-19 para Nakes selama 4 bulan tahun 2020 lalu oleh Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu. 


Menindaklanjuti hal itu, para wakil rakyat langsung merespon dengan cara memanggil para pihak terkait khsususnya Dikes Dompu, guna mempertanyakan mengenai belum  dibayarkannya insentif Nakes tersebut. 


"Beberapa pekan kemarin kami menerima kehadiran Nakes Dompu yang mengeluhkan mengenai belum dibayarnya dana Insentif Covid-19 selama 4 bulan tahun 2020 lalu," ungkap Ketua Komisi III DPRD Dompu Ismul Rahmadin S.Pdi, saat dikonfirmasi Topikbidom.com, Jumat (26/3/2021).


Baca juga// Empat Bulan Dana Insentif Covid-19 Belum Terbayarkan, ada apa dengan Pemda Dompu ?


Baca juga// Dikes Tegaskan Dana Insentif Covid-19 Nakes tetap akan Dibayarkan


Ia menjelaskan, mengenai masalah tersebut sudah ditindaklanjuti oleh pihaknya selaku wakil rakyat. Hasilnya, Dikes setempat tetap akan membayar Insentif Covid-19 tersebut. Hanya saja, pengakuan mereka kenapa belum dibayar itu karena terkendala oleh ketersediaan anggaran. 


"Tahun 2020 lalu memang ada anggaran sebesar Rp 2 miliar lebih. Namun karena mengingat banyaknya jumlah Nakes, sehingga anggaran cukupi untuk membayar Insentif tersebut. Itulah alasan kenapa dana insentif itu belum dibayarkan," terang Ismul Rahmadin S.Pdi. 


Mengatasi kendala itu, Dikes pun mengajukan permintaan anggaran kepada Pemda Dompu. Sebab anggaran yang dibutuhkan untuk membayar dana insentif Covid-19 itu mencapai Rp Miliar lebih. Sementara, anggaran yang tersedia baru sebesar Rp 2 Miliar lebih. "Inilah yang dilakukan oleh pihak Dikes," jelasnya. 


Ismul Rahmadin S.Pdi, pun memastikan bahwa dana insentif Covid-19 tersebut, tetap akan dibayar oleh pihak Dikes. Bahkan saat ini, kabarnya Dikes sedang melakukan verifikasi dan validasi mengenai Nakes tersebut. "Intinya, dana itu tetap akan dibayarkan," Tandasnya.(Rul)