DPRD Dompu Tinjau Proyek Pengeboran Sumur Bor Air Bersih di Desa Baka Jaya

Kategori Berita

.

DPRD Dompu Tinjau Proyek Pengeboran Sumur Bor Air Bersih di Desa Baka Jaya

Senin, 26 April 2021

 

DPRD Dompu bersama KSM Desa Baka Jaya dan pihak lainnya saat berada di lokasi pengeboran Sumur Bor Air Bersih di Desa Baka Jaya (ist/Topikbidom.com)

Dompu, Topikbidom.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dompu, Senin (27/4/2021) melakukan peninjauan proyek pengeboran Sumur Bor Air Bersih di Desa Baka Jaya, Kecamatan Woja, Dompu. Proyek yang bersumber dari program Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) dari Kementerian PUPR, ini ditinjau untuk memastikan bahwa kegiatan tersebut berjalan dengan maksimal. 


Kegiatan peninjauan ini pun, dipimpin Komisi III DPRD Dompu Muhammad Iksan S.Sos dan didampingi anggota DPRD Dompu Suhaimin SH dan  Lambi Mapasese Debakti SH dari Komisi III DPRD setempat. "Pengawasan ini kami lakukan dalam rangka merespon keluhan masyarakat di Desa Baka Jaya yang mengeluhkan minimnya ketersediaan air bersih. Inilah alasan kenapa kami turun langsung ke masyarakat untuk melihat secara langsung jalanya aktivitas pengeboran sumur bor air bersih," ungkap Komisi III DPRD Dompu, Muhammad Iksan S.Sos. 









Kata Muhammad Iksan S.Sos, pihaknya mendukung program Pamsimas dari Kementerian PUPR. Program ini, tentunya membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air setiap harinya. "Kami di DPRD dan Pemda Dompu juga juga akan membackup melalui APBD II," jelasnya. 


Ia berharap, semoga program ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Desa Baka Jaya. "Semoga sarana sumber air ini, bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan air bersih," terang Muhammad Iksan S.Sos. 


Dilokasi yang sama, Kepala Pamsimas Fauzan ST yang juga didampingi Ketua KSM H. Abdurrahman, Sekretaris Ahmad Maka dan Bendahara M. Saleh Desa Baka Jaya, menyambut baik kehadiran DPRD Dompu. "Terimakasih atas kehadiran para wakil rakyat di lokasi ini," ucapnya. 


Pada kesempatan ini, mereka juga berharap DPRD dan Pemda Dompu dapat membantu menyediakan anggaran pengadaan perpipaan untuk pendistribusian air langsung ke rumah rumah warga. Sebab, mengenai anggaran Pamsimas itu hanya cukup untuk membiayai pengeboran dan pembuatan bak penampung. "Inilah yang juga kami harapkan," terangnya. 


Sementara itu, Sekertaris KSM Desa Baka Jaya Ahmad Makka, juga menyampaikan keberadaan program Pamsimas ini disambut rasa syukur oleh masyarakat Desa Baka Jaya. "Ini ibarat menjawab keluhan masyarakat Baka Jaya yang selama ini mengeluhkan minimnya air bersih," katanya. 


Lanjut Ahmad Makka, pihaknya juga menyampaikan rasa terimakasihnya atas keperdulian pemeritah dalam hal ini Kementerian PUPR. "Kami juga berharap semoga DPRD dan Pemda Dompu juga dapat membantu agar sarana air bersih ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan maksimal,"Tandasnya. (Rul)