PAMSISMAS Wujudkan Kebutuhan Air Bersih Masyarakat, Kades Nangamiro Ucap Rasa Syukur

Kategori Berita

.

PAMSISMAS Wujudkan Kebutuhan Air Bersih Masyarakat, Kades Nangamiro Ucap Rasa Syukur

Sabtu, 02 Oktober 2021

 

Inilah sarana (fasilitas) air bersih yang dibangun melalui program PAMSIMAS III tahun 2021 di Desa Nangamiro

Dompu, Topikbidom.com - Setelah beberapa tahun kesulitan mendapatkan air bersih, akhirnya masyarakat Desa Nangamiro, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, bisa menikmati air bersih dengan mudah. Air bersih ini, diwujudkan melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III tahun 2021. 




Kepala Desa (Kades) Nangamiro, Saidin A. Wahab, pada wartawan mengatakan, masyarakat Desa Nangamiro akhirnya merasakan kebahagiaan yang selama ini diimpikan. Ia mengaku, sudah beberapa tahun masyarakat Dusun Doro Mbolo Desa Nangamiro, Kecamatan Pekat, kesulitan mendapatkan air bersih. "Setelah sekian lama menunggu, akhirnya melalui program PAMSIMAS tahun ini mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat," ungkap Kades, Sabtu (2/10/2021). 


Kades juga mengaku, jumlah masyarakat Dusun Doro Mbolo Desa Nangamiro mencapai 121 KK. Demi memenuhi kebutuhan air bersih, mereka (masyarakat) harus menghabiskan waktu yang lama untuk mengambil dan mengangkut air bersih dengan menggunakan kendaraan roda dua (motor). "Selama ini masyarakat harus mengambil air bersih dengan menggunakan jerigen ukuran 20 liter. Jarak yang ditempuh masyarakat untuk sampai di lokasi sumber air itu 500 meter," bebernya. 


Lanjut Kades, seiring waktu berjalan, kini kepahitan dan penderitaan yang selama ini dirasakan masyarakat akhirnya usai sudah. Hal ini, berkat program PAMSIMAS yang merupakan program (dukungan) pemerintah yang akhirnya peduli dengan masyarakat yang selama ini mengalami kesulitan terhadap ketersediaan air bersih. "Alhamdulillah, sekarang air bersih bisa secara langsung di nikmati oleh masyarakat di dalam rumahnya masing masing," terangnya. 


Kades menyebut, pemerintah pusat, provinsi dan daerah mengalokasikan anggaran melalui program PAMSIMAS tahun 2021, sehingga kebutuhan air bersih untuk masyarakat akhirnya terwujud. 


Berangkat dari hal ini, dirinya selaku Kades Nangamiro bersama Babinsa Serka Fadir, Ketua BPD Idham Khalik, Kadus Doro Mbolo Sulhamdi, Ketua RT Amaq semoq dan seluruh masyarakat Desa Nangamiro, menyampaikan ucapan terimakasih dan rasa syukur kepada kepada pemerintah pusat, propinsi khususnya pemerintah daerah Dompu yakni Bupati Dompu, Wakil Bupati Dompu, Ketua DPRD Dompu, yang peduli dengan kebutuhan dasar masyarakat dalam hal air bersih. "Ini merupakan bagian dari RPJMDes Nangamiro tahun 2020-2025 terkait dengan pemenuhan kebutuhan dasar yaitu air bersih," jelasnya. 


Warga Desa Nangamiro Berharap Akses Jalan Rusak Bisa Diperbaiki ?


Terlepas dari capaian kebutuhan air bersih, Kades Nangamiro kembali mengungkapkan apa yang menjadi harapan dan impian masyarakat Desa Nangamiro mengenai perbaikan akses jalan di lokasi Desa setempat. 


Dirinya mewakili masyarakat Desa Nangamiro, berharap kepada Bupati Dompu, Wakil Bupati Dompu dan Ketua DPRD Dompu, bisa membantu dalam hal untuk memperbaiki akses jalan rusak parah dari arah Desa Nangamiro menuju Dusun Doro Mbolo Desa Nangamiro. 


"Jalan sepanjang 4 kilo meter itu rusak parah. Perlu ada perbaikan guna memberikan kemudahan bagi masyarakat yang melakukan aktivitas ekonomi setiap harinya. Jujur saja, selama ini masyarakat sangat kesulitan untuk melewati jalan di lokasi itu," ungkapnya lagi. 


Diakui Kades, selama ini pihaknya sudah melaporkan kepada para pihak agar kiranya bisa menindaklanjuti aspirasi masyarakat Desa Nangamiro. Namun sayangnya, 4 kali pergantian Presiden, Gubernur, Bupati dan DPRD hanya dijadikan alat politik. 


"Selama ini tepatnya pada saat pesta demokrasi, hanya janji janji saja yang diucapkan oleh para pihak mengenai jalan yang rusak tersebut. Bahkan mereka mengatakan (ketika kami menang, kami akan memperbaiki jalan ini,Red). Semoga saja, pada kepemimpinan Bupati Dompu Kader Jaelani dan Wakil Bupati H Syahrul Parsan ST MT, mampu menjawab keinginan masyarakat Desa Nangamiro untuk memperbaiki jalan itu," Tandasnya. RUL