Karnaval Muna PA'a Tandai Dimulainya Dompu Expo 2024

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Karnaval Muna PA'a Tandai Dimulainya Dompu Expo 2024

Senin, 24 Juni 2024
Karnaval Muna PA'a


Dompu, Topikbidom.com - Seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Dompu bersama jajaran lainnya, Senin (24/6/2024) mengikuti dan menjadi peserta Karnaval Muna PA'a. 


Karnaval yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Dompu Expo 2024, ini diikuti Puluhan Ribu peserta yang mengenakan pakaian adat Dompu dalam balutan Muna PA'a dan berjalan kaki mulai dari lokasi star kantor Pemda Dompu, sampai di arena kegiatan Dompu Expo, tepatnya di Lapangan Sepak Bola, Kelurahan Karijawa, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu. 


Karnaval ini, pun menandakan dimulainya Dompu Expo 2024 yang merupakan wadah untuk mensosialisasikan kemampuan dan perkembangan program unggulan Pemda Dompu ,yakni Jagung, Porang, Sapi, Padi dan Ikan (Jara Pasaka) dengan  tema Menjadi Daerah yang Pro Investasi dengan Agribisnis dan Ekonomi Kreatif Menuju Dompu Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius (MASHUR). 


Sekertaris Panitia penyelenggara Dompu Expo 2024, Zainal Afrodi, S.Pd. MM (Sekertaris Disbudpar Dompu) mengatakan, Karnaval Muna PA'a merupakan salah satu rangkaian kegiatan Dompu Expo 2024 yang dilaksanakan mulai tanggal 24 sampai 29 Juni 2024. 


Kegiatan ini, diikuti puluhan ribu peserta dari jajaran pemerintah, pendidikan, BUMN, BUMD, UMKM dan Masyarakat Dompu serta lainnya. "Para peserta mengenakan pakaian adat dengan balutan Muna PA'a," ujarnya. 


Muna PA'a ini, pun selain menandakan dimulainya kegiatan Dompu Expo, juga untuk mempromosikan pakaian adat Muna PA'a yang sudah tercatat pada warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia Tahun 2023 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. "Inilah alasan kenapa dalam Karnaval mengenakan Muna PA'a," jelasnya. 


Zainal Afrodi yang biasa disapa Dae Fery, ini juga menjelaskan kegiatan Dompu Expo 2024, selain mensosialisasikan kemajuan program unggulan pemerintah daerah (Jara Pasaka), juga  tentunya menampilkan berbagai kegiatan menarik untuk memeriahkan kegiatan yang baru pertama kali diadakan di Kabupaten Dompu, pada saat kepemimpinan Bupati Dompu H Kader Jaelani dan Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan ST MT. 


"Lewat kesempatan ini, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat dan lainnya untuk hadir memeriahkan Dompu Expo 2024 mulai hari ini tanggal 24 sampai 29 Juni 2024," terangnya. 







Pantauan Topikbidom.com, Karnaval ini, pun dipimpin Bupati Dompu H Kader Jaelani didampingi secara langsung istrinya yakni Ketua TP PKK Dompu, Hj Lilis Suryani, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar A.Md Par, Kapolres Dompu, Dandim 1614/Dompu diwakili Kasdim 1614/Dompu, Kajari Dompu dan diikuti puluhan ribu peserta dari jajaran pemerintah, pendidikan (sekolah), BUMN, BUMD dan masyarakat serta lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Dompu. RUL/Advertorial