Bupati Dompu Letakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Serbaguna Desa Baka Jaya

Kategori Berita

.

Bupati Dompu Letakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Serbaguna Desa Baka Jaya

Rabu, 11 September 2024
Bupati Dompu, diwakili Staf ahli Bupati, saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung serbaguna Desa Baka Jaya 


Dompu, Topikbidom.com – Bupati Dompu diwakili Staf Ahli Bupati, Miftahul Su’adah ST, Kamis (12/09/2024) melakukan peletakan batu pertama Pembangunan Gedung Serbaguna Desa Baka Jaya, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu. Peletakan Batu pertama ini dilakukan sebagai tanda dimulainya proses pembangunan (pekerjaan) gedung Serbaguna.

 

Peletakan batu pertama yang berlangsung di lapangan sepak bola Desa Baka Jaya, ini dihadiri Bupati Dompu diwakili Staf Ahli Bupati Miftahul Su’adah ST, Camat Woja Edyson SH, Kepala Desa Baka Jaya Umar H Umar Abubakar, Kapolsek Woja diwakili Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Baka Jaya, Ketua BPD Baka Jaya Rustam M Jafar, Ketua LPM Desa Baka Jaya, Ketua Karang Taruna dan Masyarakat Desa Baka Jaya serta undangan lainnya.

 


Staf ahli Bupati Dompu, Miftahul Su’adah ST, saat menyampaikan sambutannya 


Bupati Dompu, melalui Staf Ahli Bupati, Miftahul Su’adah ST, yang juga menjabat sebagai Plt. Kepala Disnakertrans Kabupaten Dompu, menyampaikan apresiasinya terhadap program pembangunan yang dilakukan Pemerintah Desa Baka, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu. “Pembangunan Gedung Serbaguna ini adalah bukti nyata kemajuan di tingkat Desa,” ujar Miftahul Su’adah ST, saat memberikan sambutannya dalam kegiatan peletakan batu pertama tersebut.

 

Ia, menyebut gedung Serbaguna tentunya sangat bermanfaat untuk masyarakat, khususnya masyarakat yang memiliki keluarga yang melaksanakan resepsi pernikahan. “Keberadaan gedung ini nantinya akan memberikan kemudahan bagi masyarakat,” jelasnya.

 

Apabila gedung ini selesai dibangun, pemerintah desa dan masyarakat bisa menjaga dan merawatnya agar tetap kokoh, sehingga manfaatnya bisa dirasakan secara berkepanjangan. “Jagalah dan rawatlah fasilitas yang ada dengan baik,” terangnya.

 

Menurut Miftahul Su’adah, berbicara program pembangunan, sudah sepantasnya harus selaras dengan visi misi pemerintah daerah, provinsi dan pusat. Artinya, pencanangan program yang benar – benar bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Hal ini semata mata untuk mewujudkan Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius (Mashur),” katanya.

 

Perlu diketahui juga lanjut Miftahul Su’adah, lokasi lahan lapangan sepak bola desa baka jaya, merupakan aset pemerintah daerah Kabupaten Dompu. Aset ini, sudah diserahkan pemerintah daerah kepada pemerintah Desa Baka Jaya untuk dikelola dengan baik,”Ini yang perlu diketahui oleh seluruh masyarakat dan lainnya di des aini,” jelasnya lagi.

 

Pada momentum ini, Miftahul Su’adah, juga memberikan nasehat dan pesan kepada seluruh masyarakat, termasuk Desa Baka Jaya, terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024, termasuk pemilihan calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Periode 2024-2029.

 

Pesta demokrasi ini, harus disukseskan secara bersama dengan mewujudkan pemilihan yang aman dan damai dengan tetap menjaga stabilitas daerah. “Jadikan perbedaan pilihan adalah rahmat. Apalagi, semua calon merupakan putra putra terbaik Bumi Nggahi Rawi Pahu (Dompu). Maka berikan pilihan sesuai dengan kata hati Nurani masing – masing dengan tetap menjaga kedamaian dan persatuan,” terangnya lagi.

 

Desa Baka Jaya, Ibarat Rumah Kedua Bagi Sosok Miftahul Su’adah?

 

Pada momentum ini, Miftahul Su’adah juga menyampaikan dan menyebut Desa Baja Jaya, ibarat rumah kedua baginya. Hal ini karena tempo dulu dirinya sewaktu memegang amanah dan tugas dalam program penuntasan rumah kumuh, dirinya sering berada di Desa Baka Jaya, ibarat melihat secara langsung kondisi rumah rumah warga Desa Baka Jaya dengan masuk melalui pintu depan dan keluar dari pintu belakang (dapur). Artinya, sudah banyak rumah rumah warga di Desa ini telah tersentuh oleh program rumah kumuh  yang dicanangkan pemerintah. “Ini membuktikan saya sudah sejak lama menyatu dengan masyarakat Desa Baka Jaya. Itulah kenapa saya bilang Desa Baka Jaya, ibarat rumah kedua bagi saya,” tuturnya.


Camat Woja, saat menyampaikan sambutannya 


Disela waktu, Camat Woja Edyson SH, juga mengapresiasi program pembangunan, salah satunya pembangunan Gedung Serbaguna oleh Pemerintah Desa Baka Jaya. “Kegiatan ini adalah wujud dari proses pembangunan yang ada di Desa Baka Jaya yang dibiayai dari Dana Desa (DD) Desa Baka Jaya,” ujarnya.

 

Camat, juga menjelaskan kalau tidak ada pembangunan Gedung Serbaguna, ini tentunya semua tidak akan tahu bahwa lapangan sepak bola Desa Baka Jaya merupakan aset Pemerintah Daerah (Pemda) Dompu. “Alhamdulillah, kebijakan dan Keputusan Pemda Dompu, sangat luar biasa dan menyentuh langsung dengan kebutuhan masyarakat yang sebelumnya telah memberikan ijin dan menyerahkan aset itu untuk dikelola dengan baik oleh pemerintah desa Baka Jaya,” jelasnya.

 

Menurut Camat, pembangunan gedung serbaguna adalah wujud pembangunan yang sangat luar biasa yang dilakukan pemerintah desa baka jaya. Pembangunan ini, pun tidak gampang termasuk oleh pemerintah daerah, tapi pemerintah desa baka jaya telah mampu membuktikan kinerjanya dengan membangun sarana fasilitas (Gedung Serbaguna) untuk kebutuhan masyarakat yang melaksanakan kegiatan resepsi pernikahan dan lain- lain. “Ini harus menjadi catatan penting bagi masyarakat. Kalau bangunan ini selesai dibangun agar bisa dijaga dan dirawat dengan baik agar tetap kokoh,” terangnya.

 

Pada momentum ini, pun Camat juga menyampaikan, mengingat saat ini merupakan tahapan Pilkada serentak 2024, agar masyarakat tetap menjaga keutuhan dan kedamaian dalam berdemokrasi. Artinya, semua pihak termasuk masyarakat harus bersama sama menjaga konduktivitas dan menciptakan pesta demokrasi yang aman dan damai.

 

“Pastikan hak konstitusi, menjaga stabilitas sosial, ekonomi dan politik, sehingga tetap dalam suasana kesejukan. Mari bangun Desa Baka Jaya ini secara bersama sama,” ajaknya.

 

Kepala Desa Baka Jaya, saat menyampaikan sambutannya 


Sementara itu, Kepala Desa Baka Jaya, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Umar H Umar Abubakar, mengatakan hari ini adalah kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Serbaguna Desa Baka Jaya. Peletakan ini dilakukan sebagai tanda dimulainya proses pekerjaan pembangunan gedung serbaguna. Kata Dia, pembangunan gedung ini merupakan wujud keseriusan program pembangunan yang dilakukan Pemerintah Desa Baka Jaya yang dianggaran (dibiayai) dari Dana Desa (DD) Baka Jaya), sebagai fasilitas dan sarana untuk masyarakat. “Alhamdulillah, bangunan ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat yang melaksanakan resepsi pernikahan dan lain – lain,” jelasnya.

 

Ia, tidak menapik kalau lapangan sepak bola Desa Baka Jaya yang digunakan untuk pembangunan gedung serbaguna merupakan aset Pemda Dompu. Meski demikian, alhamdulillah pembangunan ini sudah mendapat ijin dari pemerintah daerah, khususnya Bupati Dompu. Bahkan, pemerintah daerah telah menyerahkan aset lapangan sepak bola desa baka jaya ini kepada pemerintah desa baka jaya untuk dikelola dengan baik oleh pemerintah desa baka jaya.

 

“Mengenai bukti administrasi dan surat surat lainya mengenai pembangunan gedung serbaguna ini, semuanya ada dan tidak perlu diragukan. Yang jelas pemerintah desa tetap berdasarkan aturan,” terangnya.

 







Pantauan Topikbidom.com di lokasi pembangunan Gedung Serbaguna Desa Baka Jaya, terlihat Bupati Dompu diwakili Staf Ahli Bupati, Miftahul Su’adah ST, didampingi para pihak melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Serbaguna. Kemudian, dilanjutkan dengan peletakan batu yang dilakukan Camat Woja dan Kepala Desa Baka Jaya serta lainnya. Peletakan batu tanda dimulainya pembangunan gedung serbaguna berlangsung dengan lancar dan sukses. RUL