Survei Lapangan Penyusunan Dokumen Pengelolaan WPR di NTB, Minerba RI dan ESDM NTB Kunjungi Lokasi PT DSA Desa Lepadi

Kategori Berita

.

Survei Lapangan Penyusunan Dokumen Pengelolaan WPR di NTB, Minerba RI dan ESDM NTB Kunjungi Lokasi PT DSA Desa Lepadi

Jumat, 13 September 2024
Tim Tim Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) RI didampingi Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Provinsi NTB dan Tim Balai Besar Pengujian Mineral dan Batu Bara,saat mendatangi lokasi PT. Dompu Surya Abadi (DSA)


Dompu, Topikbidom.com - Tim Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) RI didampingi Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Provinsi NTB dan Tim Balai Besar Pengujian Mineral dan Batu Bara, Sabtu (14/09/2024) mengunjungi PT. Dompu Surya Abadi (DSA) Desa Lepadi, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu. 


Kunjungan tim di wilayah (lokasi) pertambangan ini, dalam rangka melakukan survey lapangan penyusunan dokumen pengelolaan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) Provinsi NTB. 






Pantauan langsung Topikbidom.com, para tim ini melihat secara langsung kondisi  pertambangan, termasuk lokasi lokasi aktivitas wilayah pertambangan. Tidak hanya itu, mereka juga mengecek dan mendokumentasi lokasi pertambangan, khususnya dengan menggunakan drone. Selain itu, juga mengecek bahan baku (material) batu Galena, Tembaga, Emas dan lain-lain. 


Kabarnya, kunjungan para tim ini tidak hanya di lokasi PT. DSA Desa Lepadi, tapi juga menyasar di wilayah Nata Wera dan Ranggo, tepatnya di Kecamatan Pajo serta Desa Nangamiro, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, NTB. 


Pada momentum ini, para tim juga bertemu dengan para penambang, sembari memberikan penjelasan dan arahan terkait aktivitas pertambangan di wilayah NTB. Selain itu, mereka meminta para pihak yang melakukan aktivitas pertambangan untuk memperhatikan dan menjaga lingkungan serta memenuhi segala admistrasi mengenai legalitas perijinannya. 


Kehadiran para tim ini, pun disambut baik pihak PT. DSA, khususnya Pimpinan PT. DSA Desa Lepadi, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu, NTB, Muhammad Rum, didampingi seluruh jajaran karyawan PT. DSA. Hadir juga, Kades Lepadi Sudirman. 


Pada momentum ini, baik pihak PT. DSA, khususnya Pimpinan PT. DSA Desa Lepadi, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu, NTB, Muhammad Rum, menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya atas kehadiran para tim dari Minerba RI dan ESDM NTB. "Ini luar biasa dan kebanggan buat kami selaku PT. DSA," ujarnya, saat dikonfirmasi wartawan di lokasi Desa Lepadi, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu. 


Kata Muhammad Rum, tadi para tim memberikan arahan dan masukan kepada pihaknya mengenai aktivitas pertambangan. Selain itu, pihaknya mendampingi secara langsung tim yang turun mengecek lokasi aktivitas pertambangan. "Itulah kegiatan yang kami lakukan tadi bersama dengan tim tersebut," jelasnya. 


Tidak hanya itu lanjut Muhammad Rum, tim juga meminta dan mengimbau agar PT. DSA tetap menjaga lingkungan dan melakukan kegiatan penghijauan kembali. "Yang jelas kami selalu PT.DSA tetap mengikuti prosedur dan aturan, termasuk menjalankan apa yang minta oleh tim tersebut," terangnya. 


Perlu diketahui juga lanjut Muhammad Rum, aktivitas pertambangan di lokasi PT. DSA memiliki legalitas ijin yang legal. Selain itu, aktivitasnya tetap mengacu pada ketentuan serta aturan yang ada. "Inilah bukti nyata terhadap kegiatan kami," tandasnya. RUL