Bagian Umum Setda Dompu Luncurkan Aplikasi SIMADU

Kategori Berita

.

Bagian Umum Setda Dompu Luncurkan Aplikasi SIMADU

Selasa, 01 Oktober 2024
Kabag Umum Setda Dompu, Irfan, S.Pt, M.Si


Dompu, Topikbidom.com - Bagian Umum Sekretariat (Setda) Dompu, terus menunjukan peningkatan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Salah satunya, mampu mewujudkan pemesanan fasilitas aset daerah berupa Gedung SAMAKAI secara online melalui aplikasi Sistem Pemesanan Gedung Secara Online (SIMADU) pada Bagian Setda Dompu. 


Progres kinerja luar biasa Bagian Umum Setda Dompu bentuk aksi Perubahan, ini lahir dari proses Diklat Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I Tahun 2024 yang diikuti Kabag Umum Setda Dompu, Irfan, S.Pt, M.Si. Aplikasi layanan pemesanan Gedung ini, pun akan mulai aktif Tahun 2025. 


Ini hasil tangkap layar muka aplikasi SIMADU tersebut.


Kabag Umum Setda Dompu, Irfan, S.Pt, M.Si, mengatakan jika diperhatikan hampir di semua lini kehidupan tidak jauh dari Teknologi. Organisasi Publik, saat ini menghadapi tantangan yang tidak ringan dan mendorong organisasi harus melakukan perubahan. Terdapat beberapa faktor pendorong yang utamanya berasal dari lingkungan eksternal organisasi. 


Hal itu, antara lain perkembangan teknologi informasi dan konsep-konsep baru dalam pengelolaan organisasi publik. Perkembangan Teknologi Informasi mengubah Business Process di segala bidang dan menjadikan kegiatan yang semula dilakukan secara manual dapat dilakukan melalui teknologi informasi.  


Oleh sebab itu, sebagai organisasi yang memberikan pelayanan publik harus bisa mengikuti kebiasaan trend yang sedang terjadi sehingga bisa memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat. Salah satu kegiatan Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu, yaitu Pemesanan Penyewaan Gedung. Dimana dalam proses pemesanan dan pengelolaan data pemesanan saat ini, masih menggunakan Buku Besar sebagai penyimpanan data. 


Hal ini, tentunya memiliki banyak kekurangan dan memerlukan perbaikan serta perubahan agar bisa mengikuti perkembangan saat ini. Oleh karena itu, melalui kegiatan aksi perubahan sebagai salah satu penerapan dari pelaksanaan kegiatan diklat kepemimpinan, muncullah inovasi dalam pemesanan (reservasi) Gedung yang pengelolaannya merupakan tanggungjawab langsung bagian umum setda Kabupaten Dompu, sehingga terwujudnya aplikasi Sistem Pemesanan Gedung Secara Online (SIMADU) pada Bagian Setda Kabupaten Dompu. 


"Cara ini bertujuan memudahkan semua stakeholders yang memiliki keterkaitan langsung dengan kegiatan pinjam pakai Gedung. Aplikasi ini (SIMADU) memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk mengakses dan melakukan pemesanan Gedung sesuai kebutuhan secara online dan pastinya menghemat waktu, tenaga, jarak dan biaya," jelasnya, Selasa (01/10/2024).


Cara akses aplikasi ini sangat sederhana dan memudahkan bagi siapa saja yang ingin melakukan pemesanan. "Cukup membuka link simadu.dompukab.go.id, setelah itu mulai pendaftaran diri, mengisi tanggal reservasi, juga info tentang Gedung serta harga sewa untuk Gedung tersebut," terangnya. RUL