Bawaslu Deklarasikan Pilkada Damai untuk Dompu Tercinta

Kategori Berita

.

Bawaslu Deklarasikan Pilkada Damai untuk Dompu Tercinta

Selasa, 01 Oktober 2024

Ketua Bawaslu Dompu, saat menyampaikan sambutannya 


Dompu, Topikbidom.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dompu, Selasa (01/10/2024) menggelar kegiatan Deklarasi dengan tema Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Damai untuk Dompu Tercinta. 


Deklarasi ini, dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan sinergitas seluruh penyelenggara dan masyarakat, guna mendukung pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024 yang berintegritas, jujur dan adil. 


Kegiatan yang berlangsung di gedung SAMAKAI Dompu, dipimpin Ketua Bawaslu Dompu Swastari HAZ SH didampingi seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten Dompu. Hadir juga, Pjs Bupati Dompu Baiq Nelly Yuniarti, AP, M.Si, Ketua Sementara DPRD Dompu H Andi Bachtiar A.Md Par, Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu nomor urut 1 dan 2, Pimpinan Forkopimda Dompu, Para Pejabat lingkup Pemkab Dompu, Camat, Lurah, Kades, Pengurus Partai Politik, Organisasi Pemuda dan Wanita, Tokoh Agama, Adat dan Masyarakat serta undang lainnya. 


Kegiatan ini, pun diawali dengan acara pembukaan dengan atraksi penyambutan yang diiringi musik tarian adat Dompu. Kemudian, dilanjutkan dengan bersama sama menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Bawaslu Dompu dan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin Ketua MUI Kabupaten Dompu. 


Ketua Bawaslu Dompu, Swastari HAZ SH, mengatakan alasan pihaknya melaksanakan kegiatan sebagai bentuk menciptakan dan mengajak seluruh elemen, termasuk masyarakat untuk bersama sama mensukseskan Pilkada Tahun 2024 dengan aman dan damai. 


Kata Dia, dinamika pembahasan mengenai politik sangat luar biasa di media sosial. Bahkan beberapa orang pendukung memanfaatkan media sosial untuk saling serang dan lainnya. 


"Inilah salah satu alasan kenapa kami Bawaslu melaksanakan kegiatan tersebut, guna mengajak seluruh masyarakat dan lainnya menciptakan keharmonisan mewujudkan Pilkada damai," jelasnya. 


Ia, juga mengajak seluruh pihak untuk menciptakan Pilkada dengan penuh cinta, sehingga melahirkan pemimpin - pemimpin yang mampu mewujudkan kemajuan daerah dan masyarakat. Sebagai Bawaslu dan KPU, sudah mengucapkan ikrar sumpah sesuai dengan tugas dan tanggungjawab dalam pesta demokrasi. 


Artinya, ikrar sumpah ini tentunya membutuhkan dukungan dari seluruh pihak, khususnya masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu. "Mari kita bersama sukses Pilkada dan mari bersama Bawaslu awasi Pilkada. Mari kita taburi Pemilu dengan Cinta," ajaknya. 


PJs Bupati Dompu, saat menyampaikan sambutannya 


Disela waktu, Pjs Bupati Dompu, Nelly Yuniarti, AP, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan Pilkada damai adalah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa. Mulai dari tataran individu, pemerintah dan masyarakat. 


"Pelaksanaan Pemilu yang aman dan damai menjadi harapan kita semua dan untuk mencapai harapan itu tentunya kerjasama dan kebersamaan dari seluruh elemen daerah sangat diharapkan," ujarnya. 


Ia, menyebut tahapan tahapan dalam pelaksanaan Pemilu tentunya telah dilaksanakan dengan baik oleh pihak KPU sebagai penyelenggara Pemilu dan sejauh ini semua tahapan dilaksanakan berlangsung secara tertib. Pemilu secara esensi merupakan proses pembelajaran salam rangka pendewasaan bangsa. Pemilu, juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, seberapa jauh nilai nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jari diri bangsa Indonesia. 


Maka itu, Pjs Bupati mengajak seluruh elemen bangsa dan masyarakat Kabupaten Dompu, turut memastikan Pemilu damai dan tidak semata mata dimaknai sebagai slogan, melainkan ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama seluruh rangkaian tahapan pemilu. 


"Bersedia untuk sepakat bahwa menjaga kedamaian selama Pemilu adalah tanggung jawab bersama seluruh elemen Bangsa tanpa terkecuali," paparnya. 


Pada momentum ini, Pjs Bupati juga berharap kepada peserta pemilu, agar bisa menunjukan sportivitas, Arif dan bijaksana serta paling utama adalah santun dalam kampanye, sehingga mudah dalam meraih simpati rakyat. Hal ini, bertujuan agar masyarakat bisa berpartisipasi untuk mengikuti pemilihan dengan riang gembira dan besar harapan persentase untuk Golput pun berkurang. 


Ia, juga mengimbau ASN di lingkup Pemkab Dompu untuk menjaga Netralitas dalam Pilkada 2024. Selain itu, juga dapat menjaga semangat persaudaraan dan konsisten dalam menjalankan amanat netralitas. "Ini penting untuk menjaga citra terbaik pemerintah daerah selama Pilkada serentak 2024," jelasnya.


Pembacaan Naskah Deklarasi Pilkada Damai Untuk Dompu Tercinta oleh Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Nomor Urut 1 dan 2




Pantauan langsung Topikbidom.com, terlihat usai penyampaian sambutan Pjs Bupati Dompu, acara dilanjutkan dengan atraksi tarian adat Dompu. Kemudian, dilanjutkan dengan Pembacaan Naskah Deklarasi Pilkada Damai Untuk Dompu Tercinta yang dibacakan secara langsung oleh Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Dompu Nomor urut 1 dan 2. Setelah itu, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti Pilkada Damai Untuk Dompu Tercinta oleh para pihak dan diakhiri dengan nuansa tema Bawaslu menebar cinta. RUL/Advertorial