Pilkada Dompu 2024, Saatnya Rakyat Memilih BBF atau AKJ

Kategori Berita

.

Pilkada Dompu 2024, Saatnya Rakyat Memilih BBF atau AKJ

Kamis, 03 Oktober 2024

Foto Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Nomor Urut 1 (Bambang Firdaus SE - Syirajuddin SH/BBF-DJ) dan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Nomor Urut 2 (H Kader Jaelani - H Syahrul Parsan ST MT/AKJ-SYAH)..(dokumentasi Bang Yogi)


Dompu, Topikbidom.com – Progres tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2024, semakin menunjukan kemajuan yang sangat luar biasa. Semangat dan antusias masyarakat Kabupaten Dompu, menyambut pesta demokrasi semakin terlihat dan terus muncul dipermukaan.

 

Hampir semua masyarakat di wilayah di Bumi Nggahi Rawi Pahu, diwarnai hiruk pikuk politik yang tentunya sama sama menyuarakan dan menjagokan calon pilihannya masing-masing. Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Dompu Nomor Urut 1, Bambang Firdaus SE - Syirajuddin SH (BBF-DJ) dan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Nomor Urut 2, H Kader Jaelani – H Syahrul Parsan ST MT (AKJ-SYAH), merupakan sosok calon pemimpin yang sama-sama diharapkan Masyarakat Kabupaten Dompu.

 

Lantas, siapakah Paslon yang akan memenangkan pertarungan Politik di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini? Saatnya Rakyat Dompu, Menentukan dan Memilih?

 

Dua Paslon ini (BBF-DJ/AKJ-SYAH), kesehariannya tengah disibukan oleh kegiatan turun ke lapangan dalam bentuk Silaturrahmi dan lainnya untuk meraih hati seluruh masyarakat Kabupaten Dompu. Berbagai Visi dan Misi memajukan daerah serta mensejahterakan masyarakat, terus disuarakan dan sosialisasikan kedua paslon ini. Maka tidak heran, jika kedua paslon ini sama – sama mendapat sambutan luar biasa dari seluruh lapisan Masyarakat Kabupaten Dompu.

 

Lantas, apa saja Visi dan Misi Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Nomor Urut 1 (BBF-DJ) dan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Nomor Urut 2 (AKJ-SYAH)?

 


BBF-DJ 


Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Nomor Urut 1, Bambang Firdaus SE - Syirajuddin SH (BBF-DJ), memiliki Visi Mewujudkan Kabupaten Dompu yang Maju, Sejahtera, Religius, Berkeadilan dan Berbudaya. Sementara, mengenai Misi yakni Mewujudkan Pemerintahan yang bebas KKN dan mengoptimalkan pelayanan publik. Menjamin peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan gratis yang berkualitas. Mengembangkan masyarakat yang religius, berakhlak mulia, berbudaya dan menghormati sesama. Meningkatkan pertumbuhan dan memperkuat struktur ekonomi daerah secara berkelanjutan berbasis potensi lokal. Meningkatkan dan mengembangkan pembangunan infrastruktur daerah, strategis dan terarah. Meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan hidup dan menciptakan Kota Dompu yang asri, bersih dan nyaman. Meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan tata kelola pemerintahan menuju good governance dan clean governance.


Sementara itu, mengenai program yang dicanangkan yakni Reformasi Birokrasi. Bibit Jagung murah dengan mengalokasikan Dana Subsidi untuk Petani Jagung sebesar 15 Milyar per-Tahun. Advokasi bagi eskalasi harga jagung sehingga petani jagung menjadi Sejahtera. Asuransi usaha tani Padi kepada petani dan ternak Sapi Kerbau. Asuransi  bagi seluruh Nelayan. Pemberian pakaian gratis bagi anak sekolah. Pemberian BPJS Kesehatan bagi 3.258 yang ber-KTP Dompu. Menaikan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi ASN dan PPPK. Penambahan alokasi Dana Desa/Dana Kelurahan sebesar Rp 4 – 5 Milyar setiap tahun untuk 81 Desa dan Kelurahan yang diperuntukan penambahan insentif seluruh Kader Posyandu, Guru Ngaji, Marbot dan Tunjangan Hari Raya bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa. Pemberian Dana Insentif Desa sebesar Rp. 1.000.000.000,- yang diperuntukan bagi 10 Desa yang terbaik dalam tata kelola Pemerintahan Desa. Pemberian beasiswa Kedokteran bagi Siswa Yatim Piatu yang Hafiz Al-Qur’an. Program Magrib Mengaji. Keterbukaan Informasi publik dengan mewujudkan Dompu Satu Data dan Pelayanan Administrasi Penduduk (KK, Perubahan KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Identitas Anak/KIA) secara online dengan Biaya Gratis.

 


AKJ-SYAH 


Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Nomor Urut 2, H Kader Jaelani – H Syahrul Parsan ST MT (AKJ-SYAH), memiliki Visi Tuntaskan Visi Dompu Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius (Dompu MASHUR) 2024-2029. Alasannya, Visi Dompu Mashur 2021-2026 merupakan landasan yang kokoh dalam melaksanakan pembangunan Dompu selama 3 tahun terakhir. Meskipun waktu yang tersedia terbatas, upaya yang telah dilakukan telah berhasil membangun fondasi yang kuat. Untuk memastikan keberlanjutan dan optimalisasi potensi daerah, diperlukan komitmen yang teguh di dalam dalam melanjutkan visi ini pada periode pemerintahan berikutnya. Dengan demikian, tujuan strategis untuk mewujudkan Dompu yang lebih Sejahtera, Mandiri, Unggul dan Religius dapat tercapai dengan optimal.

 

Sehingga beberapa beberapa aspek Visi yang perlu dilanjutkan adalah Mewujudkan pembangunan berkelanjutan secara mandiri melalui Kemandirian Ekonomi dengan terus mendorong pertumbuhan UMKM dan IK, mengoptimalkan pengembangan agribisnis masyarakat, mendorong inisiatif generasi muda menjadi wirausahawan baru melalui gerakan “Gerakan Berwirausaha” serta menggerakkan sektor Pariwisata sebagai salah satu penggerak ekonomi. Kemandirian Sosial, peningkatan kapasitas masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan yang berfokus pada aspek keterampilan dan kompetensi dengan memberikan porsi praktik lebih besar dari pada Teori.

 

Kemandirian pangan, terus mengembangkan sektor Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan Lokal dengan penguatan kelembagaan ekonomi masyarakat, agar memiliki skala usaha dan daya saing tinggi. Meningkatkan Kesejahteraan masyarakat, melalui kesejahteraan ekonomi dengan membuat terobosan melalui optimalisasi dan aktivasi potensi sumberdaya daerah menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan merata untuk manfaat sebesarnya bagi seluruh masyarakat. Kesejahteraan Sosial, peningkatan akses layanan kesehatan, pendidikan, keamanan dan ketertiban serta perumahan yang layak, Yang diikuti dengan peningkatan pemberdayaan gender serta perlindungan anak.

 

Kesejahteraan lingkungan, pengelolaan sumber daya alam yang bijak dan berkelanjutan untu generasi hari ini dan generasi mendatang. Cita cita Mewujudkan masyarakat Dompu yang Unggul, melalui Keunggulan Sumber Daya Manusia dengan cara terus meningkatan mutu pendidikan dan upaya peningkatan kualitas SDM yang terfokus pada aspek Vokasional untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan bedaya saing. Meningkatkan akses layanan kesehatan yang berkualitas melalui pembangunan 1 Puskesmas baru pada daerah yang memiliki jangkauan luas.

 

Keunggulan infrastruktur, meningkatkan kualitas infrastruktur dasar (jalan, jembatan, irigasi, Listrik, air bersih) untuk mendukung aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat. Keunggulan Seni, Budaya dan Olahraga, mengembangkan bakat dan minat untuk melahirkan individu kreatif, berprestasi serta generasi yang menghargai seni dan budaya sesuai dengan kearifan lokal.

 

Komitmen Menjadikan Nilai nilai Keagamaan Sebagai Landasan Pembangunan Dompu, melalui Penguatan Akhlak Mulia dengan menanamkan nilai nilai akhlak mulia dalam kehidupan sehari hari masyarakat. Dukungan kehidupan beragama, menyediakan fasilitas untuk kegiatan keagamaan dan interaksi sosial yang memadai serta memperkuat toleransi antar umat beragama. Harmoni Sosial dengan cara membangun suasana kehidupan yang damai harmonis berdasarkan nilai nilai keagamaan dan kearifan lokal Nggahi Rawi Pahu.

 

Sementara itu, mengenai Misi AKJ-SYAH antara lain Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Akuntabel, Transparan dan Inovatif dengan cara membangun sistem pemerintahan berorentasi pada pelayanan publik yang profesional, berkinerja tinggi, bersih dan responsif, melalui pemanfaatan teknologi informasi dan literasi digital untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan transparansi pelaksanaan pembangunan daerah, peningkatan kompetensi Aparatur Sipil Negara melalui Pelatihan Fungsional, Pendidikan, Kepemimpinan dan Pendidikan Formal.

 

Menggerakkan ekonomi kerakyatan yang Inklusif, berdaya saing dan Berkelanjutan. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui Layanan Dasar dan Layanan Publik Prima. Membangun Infrastruktur Berkualitas dan Berkelanjutan untuk mendukung Pertumbuhan Ekonomi Inklusif. Melestarikan dan memanfaatkan Keanekaragaman Hayati, melalui Perlindungan Ekosistem dan Pengelolaan Sumber Daya Berkelanjutan. Memperkuat Nilai nilai Religius, Kearifan Lokal dan Karakter Bangsa.

 

Sedangkan, mengenai Program Unggulan Dompu Mashur 2025-2029, antara lain Program Reformasi Birokrasi yang Berorentasi pada Pelayanan Publik. Program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (E-Government). Program Pengawasan melalui Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Program Dompu Satu Data. Program Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur. Program Pengembangan Sektor Pertanian, Perikanan, Peternakan dan Pariwisata. Fasilitas kemudahan untuk sektor Industri Pengolahan. Pengoperasian Balai Latihan Kerja (BLK) dan Sertifikasi Tenaga Kerja. Pengembangan Produk Unggulan Daerah dengan Pilot Project Pasaka Desa.


Program Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan. Program Peningkatan Kualitas Pendidikan. Program Beasiswa Vokasional untuk Siswa dan Guru. Program Perlindungan, Pencegahan, Advokasi dan Pendampingan terhadap kasus Kekerasan terhadap Perempuan, Anak serta Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang. Program Pemberdayaan, Perlindungan, Rehabilitasi Sosial. Program penyusunan data base Infrastruktur untuk Perencanaan dan Evaluasi. Program Pembangunan, Peningkatan, Rehabilitasi dan Pemeliharaan Berkala Jaringan Irigasi dan Daerah Irigasi. Program penyediaan air minum melalui SPAM Mila dan Tanju. Program Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah. Program Penataan Kota, Pembangunan, dan Pemeliharaan RTH. Program penyusunan Dokumen Rencana Rinci dan Rencana Detail RTRW Kabupaten Dompu. Program rehabilitasi saluran drainase dan Riol Kota. Program fasilitasi percepatan pembangunan Pelabuhan Kilo. Program pembangunan terminal manggelewa. Program pelestarian ekosistem dan Keanekaragaman Hayati. Program Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan.

 

Program Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Alam serta Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim dan Pemanasan Global. Program pengelolaan dan perlindungan kawasan pesisir dan laut. Program Pelayanan Persampahan. Pemanfaatan Potensi Wisata Alam Berbasis Ekologi. Program penguatan pendidikan agama dan karakter di sekolah. Program pembangunan dan pelestarian seni dan budaya lokal. Program pembinaan dan pengembangan kegiatan keagamaan di masyarakat. Program Peningkatan Peran Lembaga Adat  dalam Pembangunan Daerah. Program Peningkatan kualitas pendidikan Keagamaan Non Formal.

 

Selain itu, ada juga 12 program prioritas, antara lain Program Penataan Kota, Pengembangan Destinasi wisata lokal, Pembangunan UMKM dan Ekonomi Kreatif, Peningkatan Infrastruktur dan Layanan Publik, Peningkatan kualitas Perumahan dan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Kawasan Kumu Desa Soro, Pembangunan Ruas Jalan Soro Napa, Tanju Taropo, Percepatan Pembangunan Pelabuhan Berikat Nusantara Kilo, Konservasi dan Rehabilitasi Hutan dan Kawasan Pegunungan, Penataan dan Pelestarian Ekosistem Pesisir dan Terumbu Karang, Lingkungan Hidup yang sehat, lestari dan Berkelanjutan dan Program Pembangunan Ruang Terbuka Publik dan Taman Budaya Karijawa.

 

Itulah uraian Visi dan Misi serta Program kedua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu. Lantas, apakah berbagai hal tersebut (Visi, Misi dan Program) yang dijanjikan akan mampu menggunggah hati masyarakat Kabupaten Dompu, untuk memilih para calon pemimpin masa depan Bumi Nggahi Rawi Pahu. Semua ini, tentunya akan kembali ke masing-masing pilihan Masyarakat. Saatnya, Masyarakat Menentukan dan Memilih siapa Bupati dan Wakil Bupati Dompu periode 2024-2029. (RUL)